Stopmun


Apa Kandungan dan Komposisi Stopmun?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Stopmun adalah:

Dimenhydrinate 50 mg, pyridoxine HCl 30 mg

Sekilas Tentang Dimenhydrinate Pada Stopmun
Dimenhydrinate (dipasarkan dengan merek Dramamine, Gravol dan Vertirosan, dan lain-lain) adalah obat bebas yang digunakan untuk mencegah mabuk perjalanan. Hal ini terkait erat dengan diphenhydramine HCl, atau Benadryl. Perbedaannya berkaitan dengan potensi berat-untuk-berat (50 mg dimenhidrinat mengandung 29 mg obat difenhidramin), penundaan aksi (dimenhidrinat harus berdisosiasi menjadi difenhidramin dan counterionnya dalam tubuh sebelum aktif, oleh karena itu difenhidramin menghasilkan efek lebih cepat) , dan derajat sedasi yang dihasilkan.

Secara kimia, dimenhidrinat adalah garam dari dua obat: difenhidramin dan 8-kloroteofilin, turunan terklorinasi dari teofilin. Teofilin sangat erat hubungannya dengan kafein dan teobromin, stimulan sistem saraf pusat ringan. Diperkirakan bahwa dengan menggabungkan efek antiemetik dari diphenhydramine dengan stimulan, rasa kantuk ekstrim yang disebabkan oleh yang pertama dapat sedikit dikurangi oleh yang terakhir. Sebenarnya, sedasi yang disebabkan oleh diphenhydramine secara substansial lebih kuat daripada stimulasi yang disebabkan oleh chlorotheophyllinate. Diphenhydramine, antihistamin kelas ethanolamine, ditemukan di sebagian besar obat tidur OTC dan persiapan alergi, seperti Tylenol PM dan Benadryl. Ini terutama merupakan antagonis H1, tetapi juga memiliki efek antimuskarinik. Ini digunakan dalam Dramamine untuk mencegah mual dan muntah; Namun, perkembangan meclizine kimia telah mengambil alih penggunaannya (dipasarkan sebagai "Dramamine II") karena meclizine tidak menghasilkan banyak kantuk.

Penggunaan rekreasi

Dimenhydrinate terutama digunakan untuk rekreasi karena efek halusinogennya. Seseorang yang ingin menggunakan dimenhydrinate untuk rekreasi biasanya membutuhkan beberapa kali dosis yang dianjurkan. Ini menghasilkan keadaan delirium antikolinergik yang intens dan tahan lama dengan efek fisiologis dan psikologis, termasuk halusinasi. Dosis untuk mengalami efek ini bervariasi, tetapi umumnya lebih dari 300mg.

Pengguna melaporkan bahwa dalam lima belas menit hingga satu jam, obat mulai memiliki efek, yang meliputi halusinasi dan "tinggi" yang membingungkan. Efek psikologis sering digambarkan sebagai "bermimpi saat terjaga", yang melibatkan halusinasi visual dan pendengaran yang jelas berbeda dari yang dialami dengan obat psikedelik lainnya. Halusinasi ini paling sering tidak dapat dengan mudah dibedakan dari kenyataan.

Efek fisik yang biasa dialami orang berbeda-beda, tetapi biasanya termasuk rasa tubuh mereka yang 'berat' luar biasa, terutama di kaki, sampai-sampai mereka tidak bisa berjalan, atau di mana mereka terus-menerus menabrak sesuatu karena kurangnya kontrol motorik. Pengguna biasanya berpikir bahwa mereka berada di lingkungan yang sama sekali berbeda dari yang sebenarnya. Kognisi sangat diperlambat oleh dimenhidrinat, membuat interaksi dengan orang lain sangat membingungkan dan membuat frustrasi. Pendengaran terpengaruh, terutama karena pengguna harus "berkonsentrasi" untuk mendengar suara.

Pengguna melaporkan banyak efek samping yang sangat tidak menyenangkan, profil yang konsisten dengan keracunan tropane glycoalkaloidal, yang disebabkan oleh dosis berlebihan diphenhydramine, serta teofilin. Karena dimenhidrinat adalah kombinasi dari kedua obat ini, efek sampingnya hampir identik dengan efek samping gabungan dari obat-obatan penyusunnya. Efek samping ini termasuk mulut dan mata kering, detak jantung cepat (takikardia), mengantuk, dan malaise/disforia yang ekstrem. Dalam beberapa kasus insomnia dilaporkan, meskipun lebih sering mengantuk ekstrim (mengantuk) terjadi. Kejang otot, kedutan dan kecemasan ekstrim dan amnesia juga merupakan efek samping yang sangat umum. Hal ini disebabkan antagonisme reseptor asetilkolin muskarinik di sistem saraf pusat dan otonom, menghambat berbagai jalur transduksi sinyal.

Di sistem saraf pusat, difenhidramin dengan mudah melintasi sawar darah-otak, memberikan efek di dalam korteks visual dan pendengaran, yang menyebabkan gangguan visual dan pendengaran yang dilaporkan. Efek SSP lainnya terjadi dalam sistem limbik dan hipokampus, menyebabkan kebingungan dan amnesia sementara.

Toksisitas juga memanifestasikan dirinya dalam sistem saraf otonom, terutama pada sambungan neuromuskular, yang mengakibatkan ataksia dan efek samping ekstrapiramidal, dan pada sambungan pasca ganglionik simpatik, menyebabkan retensi urin, dilatasi pupil, takikardia, dan kulit/membran mukosa kering. Overdosis yang cukup dapat menyebabkan infark miokard, aritmia jantung yang serius, koma dan kematian. Profil efek samping seperti itu dianggap memberikan antihistamin kelas ethanolamine potensi penyalahgunaan yang relatif rendah.

Penggunaan pada hewan

Dimenhydrinate telah berhasil digunakan sebagai antiemetik dan obat penenang pada hewan peliharaan. Ini biasanya digunakan untuk mengurangi efek sindrom vestibular idiopatik. Dosis yang disarankan adalah 50 mg untuk anjing (2-4 mg per pon) dan 10 mg untuk kucing; durasi efek adalah 8 jam.
Sekilas Tentang Pyridoxine Hydrochloride (Vitamin B6) Pada Stopmun

  • Menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, hingga gagal jantung

  • Meningkatkan serta menjaga kesehatan otak dan sistem saraf

  • Mengurangi risiko terjadinya insomnia atau kesulitan tidur

  • Menghilangkan kecemasan pada kondisi pra menstruasi

  • Mengurangi depresi

  • Menurunkan risiko penyakit kanker

  • Mencegah gangguan pencernaan

  • Mengatur keseimbangan gula darah

  • Menjaga kepadatan dan kesehatan tulang

  • Melancarkan proses metabolisme dalam tubuh

Sumber: ikan, hati sapi, kentang, daging ayam, kacang-kacangan, alpukat, pepaya, pisang.

Stopmun Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Stopmun?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Stopmun adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Mencegah & mengobati mual, muntah, mabuk perjalanan.

Apa saja Perhatian Penggunaan Stopmun?

Jangan mengemudi & menjalankan mesin.


Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Stopmun Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Stopmun, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Stopmun?

Jika Anda lupa menggunakan Stopmun, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Stopmun Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Stopmun?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Stopmun yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Apa Efek Samping Stopmun?

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Stopmun yang mungkin terjadi adalah:

Mengantuk, mulut kering, lelah.

Sekilas Tentang Vertigo
Vertigo (dari bahasa Latin vertō "gerakan berputar") adalah salah satu bentuk sakit kepala di mana penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya (biasanya gerakan berputar atau melayang) yang disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular. Vertigo sering kali dengan gejala mual dan muntah serta ketidakmampuan penderita menjaga keseimbangan badan, yang menyebabkan penderita mengalami kesulitan berdiri atau berjalan.

Vertigo dibagi menjadi tiga tipe. Tipe pertama dikenal dengan objektif di mana penderita merasa benda-benda di sekitarnya bergerak. Tipe ke dua dikenal dengan subjektif di mana penderita merasa mereka bergerak pada saat mereka sedang diam. Tipe ke tiga dikenal dengan pseudovertigo, di mana pasien merasa sensasi gerakan berputar di dalam kepalanya.

Penyakit yang paling umum yang menyebabkan vertigo adalah benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), penyakit Meniere, dan labyrinthitis. Penyebab yang kurang umum termasuk stroke, tumor otak, cedera otak, multiple sclerosis, migrain, trauma, dan tekanan yang tidak merata di antara telinga tengah. Vertigo fisiologis dapat terjadi setelah terpapar dalam waktu lama seperti ketika berada di kapal atau hanya berputar dengan mata tertutup. Penyebab lain mungkin termasuk paparan racun seperti karbon monoksida, alkohol, atau aspirin. Vertigo biasanya mengindikasikan adanya masalah di bagian sistem vestibular. [Penyebab pusing lainnya termasuk presinkop, disekuilibrium, dan pusing yang tidak spesifik.
Sekilas Tentang Obat Antivertigo
Obat antivertigo adalah obat yang digunakan untuk menghilangkan vertigo. Ada 3 tujuan utama untuk penggunaan obat vertigo. Yang pertama adalah menghilangkan halusinasi gerak. Obat-obatan dengan sifat 'penekan' vestibular digunakan untuk tujuan ini. Penekan vestibular utama adalah obat antikolinergik dan antihistamin. Tujuan kedua adalah untuk mengurangi tanda-tanda neurovegetative dan psikoafektif yang menyertainya (mual, muntah, kecemasan). Antidopaminergik digunakan untuk tujuan ini. Tujuan ketiga adalah untuk meningkatkan proses 'kompensasi vestibular' untuk memungkinkan otak menemukan keseimbangan sensorik baru terlepas dari lesi vestibular. Berbagai obat lain juga digunakan dalam pengobatan vertigo, termasuk benzodiazepin, agen histaminergik, simpatomimetik dan antagonis kalsium.

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Stopmun?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Stopmun:

Dewasa: Dws1 tab, diulangi tiap 4-6 jam. Anak6-I2thn ½-1 tab, maks: 3 tablet/hari, 2-6 tahun 1/41/2 tab. Maks 1 ½ tablet/hari. Diulangi tiap 6-8 jam. Utk mencegah mabuk perjalanan Berikan dosis pertama ½-1 jam sblm melakukan perjalanan.

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Stopmun?

Tab 2 mg x 150 (Rp264,930). 4 mg x 150 (Rp368,630). 8 mg x 150 (Rp451,110).

Apa Nama Perusahaan Produsen Stopmun?

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Stopmun:

Medikon