Sea Quill Glucosamine Plus

Farmasi-id.com > Obat & Nutrisi Tulang / Sendi > Sea Quill Glucosamine Plus

By | 19/02/2019

Kandungan dan Komposisi

Setiap 2 kapsul mengandung:

  • Glucosamine sulfate 500 mg
  • Chondroitin sulfate 167 mg
  • Manganese 500 mcg
  • Collagen hydrolyzed 13 mg
  • Evening primrose oil 10 mg
  • Borron 250 mcg
  • Boswellia 1 mg
  • White willow bark 1 mg
  • Bromelain 2,7 mg

Bahan tambahan:

Cellulose, magnesium stearate.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Membantu mengatasi rasa nyeri akibat rematik osteoarthritis, memacu pembentukan rawan sendi dan produksi cairan sendi serta menghambat enzim proteolitikyang merusak rawan sendi.

Perhatian

Penderita diebetes melitus, supaya berkonsultasi dengan dokter.

Dosis dan Aturan Pakai

Dewasa : satu bulan pertama untuk berat badan > 55 kg : 1 kapsul 2x sehari (pagi dan malam), bulan berikutnya 1 kapsul 1x sehari.

Berat badan < 55 kg : 1 kapsul 1x sehari.

Atau sesuai anjuran ahli.

Kemasan dan Sediaan

Botol @ 50 kapsul

Izin BPOM

POM SI 074326101 (tidak cocok/tidak ditemukan)

Harga

Rp 418.000/botol @ 50 kapsul

Sekilas Tentang Chondroitin Sulfate
Chondroitin merupakan suatu komponen jaringan penghubung yang ada pada tulang rawan dan tulang pada tubuh manusia. Dalam bentuk suplemen biasanya chondroitin sulfate berasal dari tulang rawan hewan.

Chondroitin bekerja dengan membangun atau membentuk kembali tulang rawan secara alami dan meningkatkan pemulihan jaringan setelah cedera atau olahraga. Chondroitin banyak dikonsumsi oleh orang yang mengalami nyeri sendi, osteoartritis, dan aus atau lemah sendi akibat penuaan. Chondroitin ini membantu membentuk jaringan ikat di sendi dan seluruh tubuh dan membantu menambah pelumas dan fleksibilitas pada sendi. Biasanya chondroitin tersedia dalam kombinasi dengan formula glucusamine dan MSM.

Berikut adalah beberapa manfaat dari chondroitin:



  1. Membantu mengobati nyeri sendi osteoartritis.

  2. Membantu memulihkan cedera sendi.

  3. Membantu menyembuhkan luka pada kulit.



Sumber: tulang rawan ikan hiu, ikan, burung, trakea sapi, dan sebagainya.
Sekilas Tentang Cellulose (Microcrystalline Cellulose)
Cellulose (microcrystalline cellulose) adalah suatu zat atau materi yang ditemukan pada kayu, kapas, rami, dll yang biasa digunakan untuk memberi kepadatan pada suatu tablet atau kapsul. Kapsul atau tablet yang keras tapi dapat larut dengan cepat, itulah fungsi cellulose, memberikan kepadatan sekaligus untuk mengatur seberapa cepat kadar kelarutan yang diinginkan. Cellulosa juga digunakan untuk pengisi kapsul atau tablet, terlebih jika dosis obat itu rendah dan juga untuk memperkeras kapsul dan tablet itu agar tidak mudah hancur/pecah.

Cellulose pertama kali ditemukan oleh ahli kimia berkebangsaan Perancis, Anselme Payen pada tahun 1838. Tahun 1992, Kobayashi dan Shoda berhasil membuat cellulosa artifisial tanpa menggunakan enzim yang berasal dari makhluk hidup apapun termasuk tumbuhan. Cellulosa ini termasuk dalam bahan tambahan yang aman untuk digunakan dalam produksi obat. Selain dalam industri farmasi, cellulose juga digunakan dalam produksi makanan dan kosmetik.
Sekilas Tentang Glucosamine
Glucosamine adalah suatu gula amino yang secara alami diproduksi oleh tubuh. Namun jika tubuh kita kekurangan zat ini maka akan muncul masalah, khususnya pada sendi dan dapat menyebabkan risiko osteoarthritis. Osteoarthritis adalah suatu penyakit degeneratif yang disebabkan oleh tidak cukupnya regenerasi tulang rawan pada sendi, hal ini sering terjadi pada lutut dan pinggul. Jika dibiarkan dan tidak segera ditangani maka penderitanya akan merasakan nyeri, kesulitan berjalan, bahkan bisa berujung pada kecacatan.

Menurut beberapa penelitian, glucosamine dapat membantu dalam proses regenerasi tulang rawan, mengurangi peradangan, dan mengurangi kerusakan kolagen sehingga mampu mengobati osteoarthritis meskipun mekanisme kerjanya belum diketahui dengan pasti. Cara yang paling mudah untuk mendapatkan glucosamine adalah melalui suplemen.

Ada dua jenis glucosamine yaitu glucosamine sulfate dan glucosamine hydrochloride. Glucosamine hydrochloride lebih mudah diserap oleh tubuh daripada glucosamine sulfate namun fungsinya sama. Pada produk suplemen, glucosamine yang ada biasanya berasal dari cangkang kerang, tulang hewan, sumsum tulang, dan jamur.
Sekilas Tentang Magnesium Stearate
Magnesium stearate merupakan suatu zat tambahan yang biasanya ada pada produk-produk makanan, obat-obatan, produk suplemen, dan kosmetik. Secara kimia, magnesium stearate adalah garam magnesium dari stearic acid. Zat ini mencegah bahan-bahan dalam kapsul melekat dan menempel pada peralatan produksi kapsul obat dan biasanya kebutuhannya sangat kecil. Selain itu manfaat lainnya adalah kapsul yang dihasilkan akan lebih mudah untuk ditelan dan masuk ke dalam saluran pencernaan manusia karena sifatnya seperti pelumas.

Magnesium stearate juga membantu meningkatkan efek terapeutik dari bahan aktif obat untuk meningkatkan penyerapan dan kelarutan kapsul obat. Magnesium stearate ini aman untuk digunakan.
Sekilas Tentang Mangan/Manganese
Manganese memiliki nama lain manganese citrate, manganese gluconate, dan manganese sulfate. Ia adalah suatu mineral esensial yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang kecil. Mineral ini penting untuk membangun tulang, menyembuhkan luka, dan mengendalikan cara tubuh menggunakan karbohidrat dan asam amino. Manganese terkosentrasi di mitokondria sel. Kebanyakan menganese ditemukan di tulang, hati, pankreas, dan sel ginjal. Menganese juga merupakan bagian dari beberapa jenis enzim sekaligus membantu mengaktifkan enzim lainnya. Beberapa enzym penting itu seperti manganese superoxide dismutase (MnSOD) yang membantu memelihara kesehatan mitokondria dan membran sel. Selain itu juga membantu membran sel terlindung dari risiko radikal bebas.

Berikut ini manfaat dari manganese:



  1. Menjaga kesehatan tulang.

  2. Membantu aktivasi enzim.

  3. Menangkal radikal bebas.

  4. Mengurangi gejala PMS.

  5. Membantu metabolisme.

  6. Menguragi gejala osteoarthritis.

  7. Membantu mengatur kadar glukosa darah.

  8. Membantu pencernaan makanan.

  9. Membantu fungsi kelenjar tiroid.

  10. Menjaga kesehatan sistem syaraf.



Sumber: beras merah, nanas, biji labu, tempe, kedelai, oats, kale, strawberry, bawang putih, anggur, terong, cengkeh, kayu manis, dan kunyit.