SAXAGLIPTIN

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Sistem Endokrin & Metabolik > Obat Antidiabetes > SAXAGLIPTIN

Indikasi

Diabetes mellitus tipe 2 pada pasien dewasa, sebagai terapi kombinasi dengan metformin, atau sulfonilurea, atau tiazolidindion. Kombinasi dilakukan apabila penggunaan obat tunggal disertai dengan diet dan olah raga tidak cukup mengontrol glikemik.

Peringatan

Gangguan fungsi ginjal, gangguan fungsi hati, lansia, gangguan pada kulit, gagal jantung, pasien immunocompromised, pasien dengan galactose intolerance, Lapp lactas deficiency dan glucose-galactose malabsorp-tion. Saksagliptin tidak dapat digunakan pada pasien diabetes mellitus tipe 1 atau untuk pengobatan ketoasidosis diabetik. Khasiat dan keamanan penggunaan pada anak, remaja, kehamilan dan menyusui, serta pengaruh terhadap kesuburan belum diketahui pasti. Diperlukan penurunan dosis sulfonilurea bila digunakan bersama saksagliptin untuk mengurangi resiko hipoglikemik.

Interaksi Obat

Penggunaan bersama dengan penghambat CYP 3A4/5 sedang (diltiazem) dan kuat (ketokonazol) meningkatkan bioavaila-bilitas saksagliptin serta menurunkan metabolit aktifnya; penggunaan bersama dengan penginduksi CYP 3A4/5 kuat (rifampisin) menurunkan bioavailabilitas saksagliptin; penggunaan bersama dengan penginduksi CYP 3A4/5 selain rifampisin (misalnya karbama-zepin, deksametason, fenobarbital dan fenitoin). Belum tersedia data dalam penurunan kadar plasma saksagliptin, meningkatkan kadar metabolit, pantau glikemik, kombinasi dengan insulin. Penggunaan bersama dengan sulfonilurea diperlukan penyesuaian dosis.

Kontra Indikasi

Hipersensitif.

Efek Samping

Sangat sering: hipoglikemi (pada terapi kombinasi dengan sulfonilurea); sering: ruam, infeksi saluran pernapasan atas, infeksi saluran kemih, gastroenteritis, sinusitis, sakit kepala, muntah, pusing, kelelahan, nasofaringitis (pada terapi kombinasi dengan metformin), udem perifer (pada terapi kombinasi dengan tiazolidindion).

Dosis

5 mg sekali sehari sebagai terapi kombinasi dengan metformin, tiazolidindion atau sulfonilurea.

Sediaan

Tablet salut selaput 5 mg

Nama Brand

Kombiglyze Xr, Onglyza