Rosuvastatin Calcium

Farmasi-id.com > Sistem Kardiovaskular & Hematopoietik > Obat Dislipidemia > Rosuvastatin Calcium

By | 21/05/2018

Kandungan

Rosuvastatin Calcium

Indikasi

Sebagai terapi tambahan untuk pasien dengan hiperkolesterolemia primer (tipe IIa) atau dislipidemia gabungan ketika respon terhadap diet & olahraga tidak adekuat.

Kontra Indikasi

Hipersensitivitas. Pasien dengan penyakit hati aktif termasuk peningkatan serum transaminase yg persisten dan peningkatan serum transaminase yang melebihi 3 kali batas atas normal tanpa diketahui sebabnya; miopati. Penggunaan bersamaan dg siklosporin. Hamil & laktasi, wanita dalam usia subur tanpa kontrasepsi yang adekuat.

Perhatian 

Pasien yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan & / atau memiliki riwayat penyakit hati. Lakukan tes fungsi hati sebelum memulai terapi & 3 bln setelah terapi. Pantau kadar CK & INR. Laporkan adanya nyeri atau kelemahan otot yang tidak diketahui sebabnya dengan segera, terutama jika berhubungan dengan malaise atau demam. Pasien dg faktor predisposisi thd miopati / rhabdomyolysis. Hindari administrasi bersamaan dengan gemfibrozil. Dapat mengganggu kemampuan mengemudi atau mengoperasikan mesin. Lansia.

Efek Samping

Hipersensitivitas misalnya, angioedema; sakit kepala, pusing; konstipasi, mual, sakit perut. Jarang: pankreatitis; mialgia, miopati misalnya, miocytic & rhabdomyolysis; pruritus, ruam / kemerahan, urtikaria; kelemahan; jaundice, hepatitis, peningkatan transaminase; arthralgia; polyneuropathy, hilang ingatan; depresi & gangguan tidur.

Interaksi Obat

Dapat menyebabkan peningkatan INR dengan antagonis Vitamin K, seperti, warfarin. Kenaikan Cmax & AUC dgn gemfibrozil. Penurunan plasma dg penggunaan bersamaan dg antasida. Cmax & AUC dapat berkurang dengan eritromisin. Kontrasepsi oral dapat meningkatkan kadar plasma.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA)

Kategori X: Studi pada binatang percobaan atau manusia telah memperlihatkan adanya kelainan pada janin atau ada bukti risiko pada janin berdasarkan pengalaman pada manusia ataupun keduanya, dan risiko penggunaan obat pada wanita hamil jelas-jelas melebihi manfaat yang mungkin diperoleh. Obat dikontraindikasikan bagi wanita yang sedang atau memiliki kemungkinan untuk hamil.

Dosis

Awal 5 -10 mg 1x/hr pada pasien yang belum pernah diterapi dgn statin atau pasien beralih dari inhibitor reduktase HMG-CoA lain, jika diperlukan dosis dapat ditingkatkan ke tingkat berikutnya setelah 4 minggu. Pasien dg gangguan ginjal berat (CrCl <30 mL / mnt / 1.73 m2) tidak dlm hemodialisis Awal 5 mg 1x/ hr. Maks: 10 mg 1x/hr. Pasien dgn gangguan hati Max: 20 mg 1x/hr.

Kemasan dan Sediaan

Tablet salut selaput 10 mg & 20 mg.

Nama Brand

Rostin