REXIDRON

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Sistem Kardiovaskular & Hematopoietik > Obat Jantung > REXIDRON

ProdusenNovell Pharma
KomposisiAmiodarone HCl.
IndikasiFibrilasi ventrikel rekuren yang mengancam jiwa & takikardi ventrikuler yang tidak stabil secara termodinamik.
DosisAwal 600 mg, dapat dilanjutkan hingga 8-10 hari. Pemeliharaan: 100-400 mg/hari. Dpt diberikan secara berselang seling: 200 mg tiap 2 hari sekali.
Pemberian ObatDapat diberikan bersama atau tanpa makanan.
Kontra IndikasiHipersensitif terhadap yodium atau amiodaron; sinus bradikardi & blok SA jantung; sindrom sick sinus kecuali jika digunakan dengan suatu alat pacu jantung; gangguan fungsi tiroid; gangguan konduksi tingkat tinggi; blok AV. Hamil & laktasi.
PerhatianPasien yang sedang mendapat terapi MAOI dr medikasi bradikardi seperti golongan penyekat β & antagonis kalsium; penggunaan bersama digitalis atau digoksin. Monitor waktu protrombin pada terapi antikoagulan. Hindari paparan terhadap sinar matahari. Ada riwayat personal atau dalam keluarga terhadap gangguan tiroid. Anak, lanjut usia.
Efek Samping yang Mungkin TimbulMikrodeposit korneal; fotosensitivitas; hipotiroid, hipertiroid; toksisitas paru; sakit kepala, lemas, mialgia, tremor, ataksia, parestesia; bradikardi yang berhubungan dengan pemberian dosis; gangguan pencernaan yang bersifat jinak, alopesia, epididimitis.
Interaksi ObatPeningkatan risiko torsade de pointes yang berpotensi letal pada pemberian dengan antiaritmia & non antiaritmia; gangguan otomatisitas & konduksi pada pemberian dengan penyekat β & golongan penghambat kanal kalsium tertentu; hipokalemia dengan obat laktasif stimulan, diuretik, kortikosteroid, tetrakosaktid, amfoterisin B IV. Dg antikoagulan oral akan meningkatkan risiko perdarahan. Dg digitalis akan menyebabkan gangguan otomatisitas & konduksi AV. Meningkatkan kadar fenitoin & siklosporin plasma. Komplikasi yang berpotensi berat, bradikardi yang tidak responsif terhadap atropin, hipotensi, gangguan konduksi, penurunan cardiac output pada pemberian bersama dengan obat anestesi umum & terapi oksigen.
Kategori Keamanan Kehamilan D: Ada bukti positif mengenai risiko pada janin manusia, tetapi manfaat dari penggunaan obat ini pada wanita hamil dapat diterima meskipun berisiko pada janin (misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau untuk penyakit serius dimana obat yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif).
Bentuk SediaanKemasan/Harga
Rexidron tablet 200 mg
30’s (Rp120,000/pak)