Regrou Forte Hair Restorer

By | Juli 28, 2021 |

Regrou Forte Hair Restorer mengandung Minoxidil 5%, Alkohol, Propilen glikol dan air murni.

CARA KERJA OBAT: FARMAKODINAMIKA

Minoxidil bila digunakan secara sistematik akan bekerja sebagai vasodilator perifer. Penggunaan secara topikal akan berperan efektif dalam pertumbuhan rambut pada alopecia androgenetika dengan efek pertumbuhan pertama dimulai pada bulan keempat atau lebih dan bervariasi antara penderita yang satu dengan yang lainnya. Hasil tes klinis membuktikan bahwa penggunaan secara topikal tidak memperlihatkan adanya efek sistemik apabila diberikan sesuai dosis yang dianjurkan.

 
FARMAKOKINETIK

Penggunaan minoxidil secara topikal diabsorpsi sedikt sekali hanya sekitar 1,4% (Range 0,3-4,5%) dari dosis total yang akan ikut dalam sirkulasi sistemik. Dari 1 ml Regrou forte mengandung 50 mg minoxidil dioleskan pada kulit, hanya 0,70 mg yang terabsorbsi.

Sekilas Tentang Propylene Glycol Pada Regrou Forte Hair Restorer
Propylene glycol (PG) merupakan suatu bahan yang secara kimia berasal dari propene yang merupakan produk sampingan dari minyak alam. Propene kemudian dirubah menjadi propylene oxide. Karena dianggap karsinogen, maka kemudian diproses lagi melalui proses hidrolisasi (pemisahan molekul dengan penambahan air), dihasilkanlah propylene glycol.

Propylene glycol berbentuk cairan minyak yang memiliki sifat tidak berbau, jernih, dan tidak berwarna dan larut dalam air. Oleh karenanya propylene glycol ini banyak digunakan untuk produk topikal seperti lotion. Propylene glycol juga digunakan pada produk kosmetik dan bahan tambahan dalam obat agar penyerapannya dalam tubuh menjadi lebih efisien. Propylene glycol ini aman untuk digunakan.

Sekilas Tentang Alcohol (Ethanol) Pada Regrou Forte Hair Restorer
Alkohol dalam berbagai bentuknya merupakan suatu zat yang memiliki sifat antiseptik, disinfektan, dan antidot. Alkohol memiliki banyak bentuk yang digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda. Pada pembahasan ini kita batasi alkohol dalam bentuk alkohol, n-butanol, dan ethanol. Alkohol dapat diaplikasikan pada kulit sebagai disinfektan kulit sebelum injeksi dan sebelum pembedahan pada operasi. Alkohol dalam bentuk ethanol (suatu komposisi kimia alkohol sederhana) secara intravena digunakan untuk perawatan toksisitas methanol atau toksisitas ethylene glycol saat fomepizole tidak tersedia. Efek toksik dari glycol dapat terkristalisasi pada ginjal dan menyebabkan efek yang sangat serius. Diperkirakan alkohol mulai digunakan sebagai antiseptik pada sekira tahun 1363 namun kemungkinan jauh lebih awal dari itu. Alkohol umumnya dihasilkan dari fermentasi ragi, gula, dan pati pada buah-buahan seperti anggur, kaktus, tebu, gandum, dan sebagainya.

Alkohol dalam bentuk n-butanol (produk minor hasil fermentasi gula) dalam jumlah kecil digunakan dalam industri makanan dan miuman sebagai pelarut dan pengaroma. Alkohol berupa ethanol (alkohol yang secara alami diproduksi oleh fermentasi gula oleh ragi) memiliki sifat memabukkan biasanya dijumpai pada produk-produk minuman keras seperti bir, wine, dan sejenisnya. Efek samping yang biasa terjadi saat seseorang mengonsumsi alkohol adalah pusing, mual, dan muntah. Alkoho dapat bersifat adiktif, menyebabkan alkoholisme, dan ketergantungan serta menimbulkan efek penarikan. Mengonsumsi alkohol dalam jangka lama dapat menyebabkan kerusakan hati kerusakan otak, dan berisiko menyebabkan kanker. Kebanyakan efek tadi ditimbulkan jika mengonsumsinya dalam dosis besar dan frekuensi sering. Namun kemungkinan efek samping itu bisa saja terjadi pada penggunaan dosis ringan dan moderat. Alkohol pada bir bekerja dengan meningkatkan efek neurotransmiter yang disebut γ-aminobutyric acid atau GABA. GABA adalah inhibitor major neurotransmiter pada otak dan dengan memfasilitasi aksinya, alkohol dapat menekan aktifitas sistem saraf pusat. Alkohol juga secara langsung berefek pada sistem neurotransmiter lainnya termasuk glutamate, glycine, acetylcholine, dan serotonin. Hasilnya akan terjadi peningkatan kadar dopamin dan opioid endogen pada otak.

Pada industri farmasi, alkohol digunakan sebagai pelarut atau media "transportasi" pada berbagai jenis obat baik obat bebas maupun obat resep. Selain itu ia juga digunakan sebagai pengawet produk farmasi.
Sekilas Tentang Purified Water (Air Purifikasi/Air Murni) Pada Regrou Forte Hair Restorer
Purified water (air purifikasi atau air murni) adalah air yang telah melalui proses penyaringan atau diproses sedemikian rupa untuk menghilangkan berbagai jenis kotoran dan kontaminan lainnya. Biasanya air purifikasi ini diproduksi dari air tanah dan air ledeng. Beberapa kontaminan yang dihilangkan pada air purifikasi ini seperti bakteri, alga, jamur, parasit, logam (tembaga, timah), dan polutan lainnya.

Beberapa proses yang digunakan utuk menghasilkan air purifikasi ini seperti:

  • Koagulasi dan flokulasi yaitu dengan memasukkan bahan kimia dengan muatan positif ke dalam air untuk kemudian terikat dengan partikel bermuatan negatif di dalam air sehingga polutan dapat terpisah dan tersaring

  • Sedimentasi, partikel yang ukurannya besar akan tersedimentasi dan mengendap di dasar air, terpisah dari air bersih

  • Filtrasi, air disaring menggunakan berbagai jenis bahan seperti pasir, arang, kerikil dan sebagainya untuk menghilangkan kontaminan seperti partikel debu, bahan kimia, virus dan bakteri

  • Disinfeksi, desinfektan seperti klorin ditambahkan ke dalam air untuk membunuh bakteri dan virus

Cara pengolahan ini berbeda-beda tergantung pada kondisi alam, lingkungan, air, dan tujuan penggunaannya.

Berikut ini manfaat air purifikasi untuk tubuh:

  • Mencerahkan kulit

  • Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala

  • Membantu menurunkan berat badan

  • Membantu memelihara kesehatan sendi dan otot

  • Memelihara kesehatan sistem pencernaan

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Regrou Forte Hair Restorer

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Regrou Forte Hair Restorer adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

  • Mengobati kebotakan Androgenetica (Alopecia androgenetica).

  • Mengobati kebotakan Alopecia arcata.

ATURAN PAKAI
  • Hanya untuk pemakaian luar. Harus digunakan sesuai petunjuk. Obat dioleskan pada daerah yang mengalami kebotakan dengan dosis 1 ml, digunakan 2 kali sehari. Pemakaian sehari tidak boleh melebihi 2 ml.Dosis total harus digunakan tanpa melihat ukuran area kebotakan.

  • Penggunaan Regrou Forte dalam keadaan tangan dan kulit kering, Mulailah dari pusat arca, oleskan tipis-tipis dengan bantuan kuas pada seluruh area. Agar lebih merata pergunakan dosis total 1 ml untuk 6 kali olesan. Setelah penggunaan obat ini hendaknya mencuci tangan dan jangan tidur selama 30 menit selama pengobatan untuk menghindari terhapusnya obat pada bantal.

  • Bila digunakan secara terus-menerus, efek pertumbuhan rambut dimulai pada bulan ke 4 atau lebih dan bervariasi antara penderita yang satu dan yang lainnya.

Peringatan Penggunaan Regrou Forte Hair Restorer

  • Pengobatan harus dilakukan pada kondis kulit kepala yang normal dan sehat. Pada kulit yang mengalami paradangan, mungkin absorpsi obat akan bertambah.

  • Obat tidak dioleskan pada daerah lain yang tidak mengalami kebotakan.

  • Jangan menggunakan alat pengering rambut (hair dryer) untuk mengeringkan rambut, sebab akan mengurangi efektifitas obat.

  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

  • Obat ini hanya diberikan bagi penderita dalam batasan usia 18-65 tahun.

  • Bila terjadi kontak yang tidak disengaja pada daerah yang sensitf (mata, kulit terluka, sel lendir) hingga terjadi iritasi dan rasa perih, alirkan air dingin secukupnya pada daerah tersebut.

  • Kecelakaan karena terminum dapat menghasilkan efek yang sistemik yang berhubungan dengan kerja vasodilator dari minoxidil (2ml Regrou Forte 5% mengandung 100 mg minoxidil) dan merupakan dosis oral berlebihan mungkin akan terjadi efek kordiovaskular yaitu retensi cairan, penurunan tekanan darah takikardia. Apabila hal ini terjadi segera konsultasikan ke dokter. Retensi cairan dapat diatasi dengan terapi diuretika yang cocok. Takikardia dapat dikendalikan dengan pemberian “beta adrenergic blocking agent”. Hipotensi dapat diatasi dengan pemberian NaCI isotonis intravena.

  • Bila pemberian obat dihentikan, masa kerja obat akan terus berlangsung hingga efek puncak pertumbuhan terkapsulai, kemudian akan mengalami kemunduran dan setelah 1 tahun akan terjadi kerontokan sekitar 7%. Pada kurun waktu 4.5 s/d 5 th setelah penghentian obat, rambut masih terlihat tumbuh masih terlihat tumbuh lebih banyak dari saat awal pengobatan.

  • Penderita harus memeriksakan diri pada dokter setelah 1 bulan pengobatan. Pemeriksaan dilanjutkan sedikitnya 6 bulan kemudian untuk mengetahui ada tidaknya efek sistemik. Hentikan pemakaian Regrou Forte jika timbul efek sistemik.

  • Penderita tidak boleh menggunakan Regrou Forte bila mempunyai penyakit pembuluh jantung , detak jantung tidak teratur, penyakit katup jantung. Apabila mengidap penyakit kardiovaskuler lainnya harus dipertimbangkan boleh tidaknya pemakaian Regrou Forte.

  • Bagi penderita hipertensi atau yang sedang diobati menggunakan obat anti hipertensi harus dipantau secara teliti, jika perlu pengobatan yang diberikan harus disesuaikan dengan keadaannya. Belum diketahui efek Regrou Forte pada penderita penyakit kulit atau pada penderita yang sedang menggunakan topikal kortikosteroid atau obat-obat topikal untuk penyakit kulit lainnya.

  • Tidak boleh digunakan dengan obat-obatan topikal seperti kortikosteroid, tretinoin, petrolatum atau zat lain yang dapat merangsang daya kerja obat.

  • Hanya digunakan untuk pria.

 


Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Regrou Forte Hair Restorer Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan , yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Regrou Forte Hair Restorer?

Jika Anda lupa menggunakan Regrou Forte Hair Restorer, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Regrou Forte Hair Restorer Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Regrou Forte Hair Restorer?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Regrou Forte Hair Restorer yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Efek Samping Regrou Forte Hair Restorer

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Regrou Forte Hair Restorer yang mungkin terjadi adalah:

Kemungkinan terjadi iritasi lokal seperti kekeringan kulit, critema, gatal-gatal,hipertrikosis pada daerah yang tidak diobati. Reaksi alergi berupa kepala pusing, iritasi mata, infeksi telinga dan gangguan penglihatan jarang dilaporkan. Apabila terjadi hal demikian segera hentikan pengobatan ini.


Kontraindikasi Regrou Forte Hair Restorer

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Regrou Forte Hair Restorer dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

Pasien yang mempunyai sejarah hipersensitif terhadap Minoxidil, propilen glikol atau alkohol.

Interaksi Obat Regrou Forte Hair Restorer

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Regrou Forte Hair Restorer antara lain:

  • Penggunaan bersama obat-obat topikal seperti kortikosteroid Petrolatum dan tretinoin akan menambah permeabilitas stratum corncum.

  • Penggunaan bersama guanethidine akan menambah perubahan hipotensi ortostatik.

  • Minoxidil sistemik.

CARA PENYIMPANAN

Simpan ditempat sejuk 15º-3OºC dalam wadah yang tertutup dan terlindung cahaya.

Izin, Kemasan & Sediaan Regrou Forte Hair Restorer

Botol gelas 30 ml dengan aplikator.
HARUS DENGAN RESEP DOKTER
Dibuat oleh :
PT.SURYA DERMATO MEDICAL LABORATORIES Surabaya, Indonesia
No. Reg. DKL 0028602241B1
Banyak Dibaca Hari Ini
Banyak Dibaca Minggu Ini
Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *