Quapain

Apa Kandungan dan Komposisi Quapain?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Quapain adalah:

Ketorolac Trometamol

Sekilas Tentang Ketorolac Pada Quapain
Ketorolac atau ketorolac tromethamine adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dalam keluarga asam propionat, sering digunakan sebagai analgesik, antipiretik (penurun demam), dan antiinflamasi. Ketorolak bekerja dengan menghambat sintesis tubuh dari prostaglandin. Ketorolak dalam sediaan oral dan intramuskularnya merupakan campuran rasemat (S)-(−)-ketorolak, isomer aktif, dan (R)-(+)-ketorolak. Sebuah solusi oftalmik ketorolak tersedia dengan nama Acular, dan digunakan untuk mengobati sakit mata dan untuk menghilangkan rasa gatal dan terbakar alergi musiman. Nama merek Toradol diciptakan oleh perusahaan Syntex dari Amerika Serikat.

Struktur dan komposisi kimia

Ketorolak, seperti turunan 2-arilpropionat lainnya (termasuk ketoprofen, flurbiprofen, naproxen, ibuprofen dll.) mengandung karbon kiral pada posisi dari bagian propionat. Dengan demikian ada dua kemungkinan enansiomer ketorolak dengan potensi efek biologis dan metabolisme yang berbeda untuk setiap enansiomer.

NSAID tidak dianjurkan untuk digunakan dengan NSAID lain karena potensi efek samping aditif. Efek pengikatan protein dari sebagian besar NSAID non-aspirin dihambat oleh adanya aspirin dalam darah.

Mekanisme aksi

Mekanisme kerja utama yang bertanggung jawab atas efek antiinflamasi/antipiretik/analgesik Ketorolak adalah penghambatan sintesis prostaglandin dengan penghambatan kompetitif enzim siklooksigenase (COX). Seperti kebanyakan NSAID, Ketorolak adalah inhibitor siklooksigenase non-selektif.

Seperti NSAID lainnya, mekanisme obat dikaitkan dengan bentuk S kiral. Konversi enansiomer R menjadi enansiomer S telah terbukti terjadi dalam metabolisme ibuprofen; tidak diketahui apakah itu terjadi dalam metabolisme ketorolak.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Ketorolak diindikasikan untuk manajemen nyeri jangka pendek (maksimal hingga lima hari).

Kontraindikasi

Ketorolak dikontraindikasikan terhadap pasien dengan hipersensitivitas yang ditunjukkan sebelumnya terhadap ketorolak, dan terhadap pasien dengan sindrom polip hidung lengkap atau parsial, angioedema, reaktivitas bronkospastik atau manifestasi alergi lainnya terhadap aspirin atau obat antiinflamasi nonsteroid lainnya (karena kemungkinan anafilaksis berat). Seperti semua NSAID, ketorolak harus dihindari pada pasien dengan disfungsi ginjal. (Prostaglandin diperlukan untuk mendilatasi arteriol aferen; NSAID secara efektif membalikkan keadaan ini.) Pasien dengan risiko tertinggi, terutama pada orang tua, adalah mereka dengan ketidakseimbangan cairan atau dengan gangguan fungsi ginjal (misalnya, gagal jantung, penggunaan diuretik, sirosis, dehidrasi, dan insufisiensi ginjal).

Efek samping

Mirip dengan NSAID lainnya. Lihat sisipan "Efek samping ketorolak."

Peringatan dan pencegahan

Risiko paling serius yang terkait dengan ketorolak adalah, seperti NSAID lainnya, ulserasi gastrointestinal, perdarahan dan perforasi; kejadian ginjal mulai dari nefritis interstisial hingga gagal ginjal total; perdarahan, dan reaksi hipersensitivitas.

Seperti NSAID lainnya, retensi cairan dan zat terlarut dan edema telah dilaporkan dengan ketorolak; ketorolak meningkatkan kadar protein hati; itu juga menghambat agregasi trombosit dan mungkin berhubungan dengan peningkatan risiko perdarahan.

Perlu dicatat bahwa ketika diberikan secara intravena melalui kateter IV yang sama dengan Morfin, kedua obat tersebut diketahui kadang-kadang bergabung untuk membentuk endapan di IV, yang dapat memblokir saluran tersebut. Pembilasan saluran dengan jarum suntik saline dapat mendorong penyumbatan.

Perhatian

Ketorolak tidak direkomendasikan untuk analgesia pra-operasi atau pemberian bersama dengan anestesi karena menghambat agregasi trombosit. Ketorolak tidak direkomendasikan untuk analgesia obstetrik karena belum diuji secara memadai untuk pemberian obstetrik dan memiliki toksisitas janin yang dapat dibuktikan pada hewan laboratorium. Ketorolak telah diberikan bersama dengan meperidin dan morfin tanpa efek samping yang jelas. Ketorolak tidak dianjurkan untuk pasien nyeri kronis jangka panjang.

Dosis, ketersediaan dan harga

Dosis oral adalah 10 mg; Harga Amerika Serikat untuk 20 tablet berkisar sekitar US$28. Harga Australia untuk 20 tablet adalah sekitar AU$43,39.

Dosis injeksi adalah 15, 30 dan 60 mg; Harga Amerika Serikat untuk 10 vial 30 mg masing-masing sekitar US$45, membuat sediaan intramuskular jauh lebih mahal per dosisnya. Satu dosis 60 mg akan memerlukan pemberian melalui suntikan dua botol, sekitar $9 per dosis. Harga Australia untuk 5 botol adalah sekitar AU$57,90, atau $23,16 per dosis. Ketorolak tidak tersedia di Skema Manfaat Farmasi.

Di Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Australia obat ini tidak dapat dijual bebas dan harus diberikan hanya dengan resep dokter.

SYNTEX (U.S.A.) L.L.C., Palo Alto, California, U.S.A. mengembangkan solusi oftalmik Acular, dan memegang merek dagang terdaftar atas nama tersebut. Nama merek produk Acular diproduksi dan didistribusikan oleh Allergan, Inc., di bawah lisensi dari Syntex.

Apotex Products Group, produsen Kanada, menawarkan larutan tetes mata Ketorolac trometamin 0,5% generik dengan nama "APO-KETOROLAC" di Kanada dan beberapa negara lain.

Syntex dan Allergan menggugat Apotex atas pelanggaran paten US Patent No. 5.110.493 atas produk generik Ketorolac tomethamine. Pada bulan Mei 2005, pengadilan banding Amerika Serikat untuk Sirkuit Federal memberikan kemenangan kepada Apotex, memutuskan bahwa pengadilan yang lebih rendah yang menegakkan paten Syntex salah menerapkan aturan untuk menilai apakah sebuah penemuan sudah jelas. Allergan mengklaim paten tersebut berlaku hingga 2009.

Quapain Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Quapain?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Quapain adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Terapi jangka pendek nyeri sedang hingga berat & nyeri akut pasca op.

Bagaimana Farmakologi Quapain?

Ketorolac trometamol merupakan obat Anti Inflamasi Non Steroid ( AINS ) yang menghambat sintesis prostaglandin dan dapat dipertimbangkan aksi analgesik perifernya.

Apa Saja Kontraindikasi Quapain?

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Quapain dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

  • Hipersensitif thd ketorolac, asetosal, OAINS lain
  • Tukak peptik aktif
  • Penyakit serebrovaskular yg diduga atau didiagnosis
  • Polip nasal parsial atau komplit, angioedema, atau bronkospasme
  • Hipovolemia krn penyebab apapun atau dehidrasi
  • Ggn fungsi ginjal sedang hingga berat
  • Pasien yg sedang menjalani operasi dg risiko tinggi pendarahan, hemostasis inkomplit atau menggunakan antikoagulan termasuk heparin dosis rendah
  • Penggunaan bersama dg okspentifilin, probenesid, atau garam litium
  • Pemberian epidural atau intratekal (neuraksial)
  • Pasien dg sidnrom Steven-Johnson, riwayat asma
  • Hamil, keguguran, melahirkan, atau laktasi. Anak <16 thn

Perhatian 

Pasien dg insufisiensi ginjal & hati. Pasien dg ggn koagulasi darah, riwayat penyakit GI, dekompensasi jantung, hipertensi atau kondisi sejenis. Tdk dianjurkan utk dierikan sblm op, sebagai zat anestesi penunjang atau analgesik obstetrik. Dpt meningkatkan hasil tes fungsi hati.


Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Quapain Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Quapain, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Quapain?

Jika Anda lupa menggunakan Quapain, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Quapain Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Quapain?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Quapain yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Apa Efek Samping Quapain?

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Quapain yang mungkin terjadi adalah:

Nyeri lambung & perut, mual, dispepsia, sakit kepala, pusing, mengantuk, berkeringat, edema, konstipasi, kembung, ggn  fungsi hati, tukak lambung, pendarahan rektum, stomatitis, mual, muntah, depresi, mulut kering, euforia, rasa haus, gelisah, tdk mampu berkonsentrasi, vertigo, asma, dispnea, pruritus, urtikaria, vasodilatasi, pucat, peningkatan frekuensi berkemih, oliguria, rasa lelah, nyeri otot, ggn daya penglihatan.

Apa Saja Interaksi Obat Quapain?

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Quapain antara lain:

Metotreksat, warfarin, ACE inhibitor, diuretik, furosemid, obat nefrotoksik (misalnya aminoglikosida), obat antiepilepsi (fenitoin, karbamazepin), obat psikoaktif, morfin sulfat, pethidine HCl, promethazine HCl, hydroxyzine HCl.

Bagaimana Kategori Keamanan Penggunaan Quapain Pada Wanita Hamil?

Kategori keamanan penggunaan obat untuk wanita hamil atau pregnancy category merupakan suatu kategori mengenai tingkat keamanan obat untuk digunakan selama periode kehamilan apakah memengaruhi janin atau tidak. Kategori ini tidak termasuk tingkat keamanan obat untuk digunakan oleh wanita menyusui.

FDA (Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan tingkat keamanan obat untuk wanita hamil menjadi 6 (enam) kategori yaitu A, B, C, D, X, dan N. Anda bisa membaca definisi dari setiap kategori tersebut di sini. Berikut ini kategori tingkat keamanan penggunaan Quapain untuk digunakan oleh wanita hamil:

C, D (pada trimester tketiga atau mendekati persalinan).

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Quapain?

Dus @ 3 blister @ 10 tablet salut selaput 10 mg

Berapa Nomor Izin BPOM Quapain?

Setiap produk obat, suplemen, makanan, dan minuman yang beredar di Indonesia harus mendapatkan izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yaitu suatu Badan Negara yang memiliki fungsi melakukan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana produksi, melakukan pengambilan contoh produk, melakukan pengujian produk, dan memberikan sertifikasi terhadap produk. BPOM juga melakukan pengawasan terhadap produk sebelum dan selama beredar, serta memberikan sanksi administratif seperti dilarang untuk diedarkan, ditarik dari peredaran, dicabut izin edar, disita untuk dimusnahkan, bagi pihak yang melakukan pelanggaran. Berikut adalah izin edar dari BPOM yang dikeluarkan untuk produk Quapain:

DKL1140301017A1

Apa Nama Perusahaan Produsen Quapain?

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Quapain:

Bernofarm

Pendaftar

Natura Laboratoria Prima

Sekilas Tentang Bernofarm
PT. Bernofarm merupakan suatu perusahaan farmasi yang didirikan pada 11 Maret 1971 di Surabaya. Awalnya perusahaan ini hanya merupakan suatu home industri dengan satu buah mesin produksi yang saat itu perusahaan masih bernama CV. Sumber Farma. Pada saat itu jumlah karyawan perusahaan ini masih sekira 20 orang, namun saat ini mencapai hingga 2900 orang karyawan.

Nama perusahaan ini diambil dari nama salah satu kota industri farmasi di Swiss yaitu "Bern". Pada 1976, perusahaan ini memindah lokasi produksinya ke Sidoarjo seluas 20 ribu meter persegi yang digunakan untuk fasilitas produksi produk beta-laktam (steril dan non steril), sefalosporin (steril dan non steril), dan juga untuk produksi produk non beta-laktam dan non sefalosporin. Perusahaan memproduksi obat generik dan juga obat bermerek dengan berbagai bentuk sediaan seperti kapsul, tablet, sirup, serbuk injeksi, ampul, vial, krim, dan sebagainya. Selain itu juga memproduksi produk lainnya sebagai permintaan pihak lain. Setelah itu perusahaan memperluas area produksinya kembali ke daerah baru masih di Sidoarjo seluas 48 ribu meter persegi.

Pada 1991, PT. Bernofarm menerima sertifikat CPOB dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Selain itu perusahaan telah mendapatkan beberapa sertifikat pengakuan mutu seperti ISO 9001:2008, ISO 14001:2004, ISO 18001:2007, dan sebagainya. Produk PT. Bernofarm telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.