PROSPIDE

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Sistem Gastrointestinal & Hepatobilier > Antasid, Obat Antirefluks & Antiulserasi > PROSPIDE

Kandungan

Rebamipide

Indikasi

Ulkus lambung (dalam kombinasi dengan inhibitor faktor ofensif); gastritis.

Farmakodinamik

Rebamipide mencegah terjadinya erosi dan kerusakan mukosa. Obat ini menambah aliran darah lambung, mengurangi radikal bebas oksigen yang memicu stres oksidatif dan peroksidasi lipid dan meningkatkan biosintesa prostaglandin di dinding duodenum.

Dosis

Ulkus lambung 100 mg 3x/ hr (di pagi, sore & menjelang tidur) dengan kombinasi inhibitor faktor ofensif (penghambat pompa proton, antikolinergik, antagonis H2). Gastritis 100 mg 3x/hr.

Pemberian Obat

Dapat diberikan bersama atau tanpa makanan.

Kontra Indikasi

Hipersensitivitas, rebamipide dikontraindikasikan pada lansia, wanita hamil, menyusui, dan anak-anak serta pasien dewasa dengan penyakit kronis termasuk kanker. Rebamipide tidak boleh diresepkan untuk pasien yang alergi terhadap formulasi, zat warna dan bahan kimia sintetis.

Perhatian 

Hamil & laktasi. Anak. Lansia.

Efek Samping

Reaksi syok atau anafilaktik. Leukopenia & trombositopenia. Disfungsi hati & jaundice, ruam kulit, pruritus, eksema yang menyerupai erupsi kulit akibat obat & gejala hipersensitivitas lain; konstipasi, perut terasa membesar, diare, mual, muntah, ‘heartburn’, nyeri perut, bersendawa, gangguan daya pengecapan; peningkatan AST, ALT, γ-GTP & alkalin fosfatase; gangguan menstruasi, peningkatan BUN, edema, perasaan adanya benda asing dalam farings; gangguan hematologi.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil dan Menyusui (Menurut FDA)

Kategori C: Studi pada binatang percobaan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embroisidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita, atau studi pada wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya boleh diberikan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Rebamipide bisa masuk ke dalam ASI dan berbahaya bagi bayi. Hindari menggunakan obat ini saat masa menyusui.

Kemasan dan Sediaan

Dus 10 x 10, tablet 100 mg

Produsen

PT Dexa Medica