Pro L-Bumin

Farmasi-id.com > Jamu > Jamu Kesehatan & Imunitas > Pro L-Bumin

By | 22/05/2019

Komposisi

Ekstrak ikan gabus (Channa striata)

Khasiat dan Kegunaan

  • Meningkatkan kadar albumin dan daya tahan tubuh;
  • Memperbaiki gizi buruk pada anak dan ibu hamil;
  • Mempercepat penyembuhan luka luar dan luka dalam;
  • Membantu proses penyembuhan penyakit:
    HIV, diabetes, thypus, hepatitis, TBC, infeksi paru-paru, oedem (pembengkakan), dll.

Aturan Minum

Pencegahan: 2 x 2 kapsul per hari.

Pengobatan: 3 x 3 kapsul per hari.

Penyimpanan

  • Simpan di tempat sejuk dan kering;
  • Jauhkan dari sinar matahari langsung.

Kemasan dan Sediaan

Dus, botol plastik @ 60 kapsul @ 600 mg

Harga

Rp 30.000/dus, botol plastik @ 60 kapsul @ 600 mg

Produsen

AHD Indonesia

Sekilas Tentang Channa Striata (Ikan Gabus)

Channa striata atau yang juga dikenal dengan sebutan ikan gabus, ikan kutuk, ikan haruan, ikan sneakhead, merupakan ikan air tawar yang banyak dijumpai di Indonesia, India, Bangladesh, dan Pakistan. Manfaat dari ikan ini sangat banyak dikarenakan ikan ini kaya akan albumin, asam amino, serta kandungan nutrisi lainnya yang terkandung di dalamnya. Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam 100 gram daging Channa striata:














































KandunganJumlah
Kalori69 kalori
Protein25,2 g
Lemak1,7 g
Besi0,9 mg
kalsium62 mg
Fosfor76 mg
Vitamin A150 mg
Vitamin B0,04 mg
Air69 g


Ikan Channa striata memiliki manfaat sebagai antimikroba, antiinflamasi, perbaikan sel, induksi akresi trombosit, dan aktivitas anti-nosisetif. Berikut adalah beberapa manfaat dari Canna striata:

1. Mencegah pembengkakan

Albumin yang banyak terkandung dalam Channa striata merupakan protein penting yang berguna mencegah pembengkakan atau edema. Pembengkakan terjadi akibat sel darah kehilangan bentuk dan mengendap pada bagian tubuh. Pada pasien diabetes, pembengkakan biasanya terjadi pada kaki dan diperlukan pemberian albumin melalui infus jika terindikasi mengalami hipoalbumin (kadar albumin rendah) untuk meningkatkan kadar albumin dan sekaligus mengurangi pembengkakannya.

2. Mempertahankan cairan tubuh

Manusia terdiri dari 70% cairan dan cairan itu kebanyakan digunakan untuk metabolisme tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, albumin akan membuat air pada darah masuk ke dalam sel tubuh untuk membuat keseimbangan cairan. Sebaliknya jika konsentrasi air dalam tubuh berlebih, albumin akan mengeluarkan kelebihan air itu dari sel tubuh untuk kembali ke darah.

3. Media penyimpanan nutrisi dan hormon

Albumin dapat menjadi media untuk penyimpanan nutrisi dan hormon. Albumin tidak hanya menjaga sel darah dalam bentuk terlarut akan tetapi juga menjaga nutrisi lainnya. Beberapa protein, hormon, dan mineral disimpan dalam albumin untuk ditransportasikan ke bagian-bagian tubuh. Karenanya kekurangan albumin akan menyebabkan gangguan pada sistem peredaran darah manusia.

4. Membantu perbaikan jaringan tubuh

Albumin memiliki peranan penting dalam regenerasi sel untuk memperbaiknya dari kerusakan sekaligus memacu sel tubuh dengan baik. Selain itu albumin berfungsi sebagai media perantara pemberi sinyal pada sistem imunitas tubuh jika ada sel dan jaringan yang rusak. Albumin akan mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Berperan dalam pembentukan sel darah putih

Sel darah putih memiliki sifat fagosit yang mampu mempertahankan fungsi kekebalan tubuh. Albumin berperan penting dalam pembentukan sel darah putih ini. Kekurangan sel darah putih dapat menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit dan peradangan.

6. Mencegah munculnya penyakit serius

Albumin dalam ikan Channa striata bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit gagal ginjal, stroke, diabetes mellitus, dan tuberculosis. Biasanya pasien yang telah mengalami penyakit-penyakit tadi, maka pemberian albuminnya dilakukan melalui infus.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan kandungan asam amino seperti arginin, lisin, vialin, glutamin, dan histidin, maka mengonsumsi Channa striata dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Sekilas tentang imunitas

Imunitas atau kekebalan adalah sistem mekanisme pada organisme yang melindungi tubuh terhadap pengaruh biologis luar dengan mengidentifikasi dan membunuh patogen serta sel tumor. Sistem ini mendeteksi berbagai macam pengaruh biologis luar yang luas, organisme akan melindungi tubuh dari infeksi, bakteri, virus sampai parasit, serta menghancurkan zat-zat asing lain dan memusnahkan mereka dari sel organisme yang sehat dan jaringan agar tetap dapat berfungsi normal. Deteksi sistem ini sulit karena adaptasi patogen dan memiliki cara baru agar dapat menginfeksi organisme.