Prazikuantel

By | Oktober 14, 2020 | Farmasi-id.com > Health > Prazikuantel

NAMA GENERIK
Prazikuantel

NAMA KIMIA
Prazicuantel; Praziquantelum. 2-cycloheksilcarbonyl-1,2,3,6,7,11b-hexsahidropyrazino(2,1-a)isokuinolin-4-one. (1)

STRUKTUR KIMIA
C19H24N2O2.

KETERANGAN
Tidak ada data

SIFAT FISIKOKIMIA
Serbuk kristal putih atau hampulir putih. Merupakan polimorfisa. Sangat sukar larut dalam air, mudah larut dalam alkohol dan kloroform. (1)

SUB KELAS TERAPI
Antelmintik

KELAS TERAPI
Antiinfeksi

Dosis PEMBERIAN OBAT
Anak > 4tahun dan dewasa : oral : schistosomiasis : 20 mg/kg/dosis 2-3 kali/hari untuk 1 hari pada interval 4-6 jam. clonorchiasis dan opisthorchiasis : 3 dosis 25 mg/kg untuk pengobatan 1 hari.(2)

FARMAKOLOGI
Absopsi : oral : 80 %, Distribusi : konsentrasi CSF 14-20% dari konsentrasi plasma, dapat masuk ke air susu ibu, ikatan protein 80% metabolisme mengalami first-pass-effect, waktu menkapsulai puncak 1-3jam, Eksresi melalui urin ( 99% sebagai metabolit).(2)

STABILITAS PENYIMPANAN
Tablet prazikuantel harus disimpan pada kemasan kedap udara pada suhu < 30�C.(3)

Kontraindikasi Prazikuantel

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Prazikuantel dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:


Hipersensitif terhadap prazikuantel atau komponen lain dalam sediaan; ocular cysticercosis.(2)

Efek Samping Prazikuantel

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Prazikuantel yang mungkin terjadi adalah:


Rasa malas, lemah, sakit kepala, nyeri pada perut, hilang nafsu makan, mual dan muntah.(2) Peningkatan serum SGOT dan atau SGPT, urtikaria, ruam, pruritus, sakit pinggang, myalgia atau arthralgia, sensasi panas atau demam, berkeringat, palpitasi, aritmia, hipotensi.(3)

INTERAKSI MAKANAN
Jus jeruk akan meningkatkan AUC(1,9x) prazikuantel dan konsentrasi (1,6x) plasma puncak.(3)

Interaksi Obat Prazikuantel

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Prazikuantel antara lain:


Penggunaan bersama prazikuantel dengan karbamazepin, deksametason, fenitoin, fenobarbital akan menurunkan konsentrasi plasma prazikuantel. Penggunaan bersama klorokuin dan prazikuantel akan menurunkan konsentrasi prazikuantel.(3)

PENGARUH ANAK
Keamaanan penggunaan prazikuantel pada anak < 4 Tahun belum diketahui.(3)

PENGARUH HASIL LAB
Tidak ada data

PENGARUH KEHAMILAN
Faktor risiko B.(2)

PENGARUH MENYUSUI
Prazikuantel didistribusikan ke air susu, ibu menyusui harus berhenti menyusui pada hari terapi prazikuantel dan selama 72 jam setelah penggunaan dosis terakhir prazikuantel.(3)

PARAMETER MONITORING
Tidak ada data

BENTUK SEDIAAN
Tablet.

PERINGATAN
Gunakan dengan perhatian pada pasien yang mempunyai penyakit hati parah, penyakit serebral cysticercosis yang memerlukan rawat nginap.(2)

KASUS TEMUAN
Tidak ada data

INFORMASI PASIEN
Tidak ada data

MEKANISME AKSI
Meningkatkan permeabilitas sel terhadap kalsium pada schistosoma menyebabkan kontraksi kuat dan paralisis pada cacing.(2)

MONITORING
Tidak ada data

DAFTAR PUSTAKA
1. Martindale 34th edition, p.112-113 2. Drug Information Handbook 17th edition p.1304-1305 3. AHFS Drug Information 2008, p.57-60

Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apakah Aman Menggunakan Prazikuantel Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Prazikuantel, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Prazikuantel?

Jika Anda lupa menggunakan Prazikuantel, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Prazikuantel Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini

Bagaimana Cara Penyimpanan Prazikuantel?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Prazikuantel yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.
Cara Mengutip Untuk Daftar Pustaka
Jika Anda ingin mengutip tulisan ini pada daftar pustaka, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai format berikut ini:

Format APA (American Psychological Association)

Farmasi-id.com. (2020, 14 Oktober). Prazikuantel. Diakses pada 25 Oktober 2020, dari https://www.farmasi-id.com/prazikuantel/


Format MLA (Modern Language Association)

"Prazikuantel". Farmasi-id.com. 14 Oktober 2020. 25 Oktober 2020. https://www.farmasi-id.com/prazikuantel/


Format MHRA (Modern Humanities Research Association)

Farmasi-id.com, "Prazikuantel", 14 Oktober 2020, <https://www.farmasi-id.com/prazikuantel/> [Diakses pada 25 Oktober 2020]


Bagikan ke Rekan Anda
Berikan Ulasan Produk Ini

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Last Updated on

Category: Health Produsen, komposisi, dan klasifikasi Prazikuantel: