VULVODYNIA

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Reproduksi > VULVODYNIA



Vulvodynia adalah rasa sakit kronis di daerah sekitar pembukaan vagin4 (vulva) yang penyebabnya tidak dapat diidentifikasi. Rasa sakit seperti terbakar atau iritasi yang terkait dengan vulvodynia mungkin membuat anda sangat tidak nyaman untuk duduk dalam waktu yang lama atau menghalangi anda untuk berhubungan 5eks. Kondisi ini dapat berlangsung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Jika anda memiliki vulvodynia, jangan biarkan ketidakhadiran tanda-tanda yang jelas atau perasaan (untuk membahas gejala vulvodynia) membuat anda menghindar dari mencari bantuan. Beberapa pilihan pengobatan tersedia untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat vulvodynia.

Gejala

Gejala utama vulvodynia adalah nyeri di daerah genital anda, yang dapat dicirikan oleh:

• Rasa terbakar

• Rasa sakit

• Rasa menyengat

• Lecet-lecet

• Nyeri saat berhubungan 5eksual (dispareunia)

• Berdenyut

Gatal

Rasa sakit yang anda alami mungkin bersifat konstan atau intermiten dan dapat berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, tetapi juga dapat menghilang secara tiba-tiba. Anda mungkin merasakan nyeri di seluruh daerah vulva (umum), atau mungkin terlokalisasi pada area tertentu, seperti pembukaan vagin4 (vestibula). Kondisi yang serupa, yakni vulva vestibulitis, dapat menyebabkan rasa sakit hanya ketika tekanan diterapkan ke daerah sekitar pintu masuk vagin4.

Jaringan vulva mungkin terlihat sedikit meradang atau bengkak. Seringkali vulva anda tampulak normal.

Penyebab & Faktor Risiko

Dokter tidak mengetahui secara persis apa yang dapat menyebabkan vulvodynia, namun faktor-faktor yang mungkin berkontribusi antara lain:

• Cedera atau iritasi pada saraf yang mengelilingi daerah vulva

Infeksi vagin4 di masa lalu

Alergi atau hipersensitivitas lokal pada kulit

• Perubahan hormonal

Banyak wanita dengan vulvodynia memiliki riwayat pengobatan vaginitis atau infeksi vagin4 jamur berulang. Beberapa wanita dengan kondisi tersebut pernah memiliki riwayat pelecehan 5eksual. Tapi faktor yang berkontribusi terhadap vulvodynia tidak dapat diketahui pada sebagian besar wanita. Vulvodynia tidak menular secara 5eksual dan bukan merupakan tanda kanker.

Komplikasi                          

Karena menimbulkan rasa sakit, membuat frustrasi dan dapat menghambat aktivitas 5eksual, maka vulvodynia dapat menyebabkan masalah emosional. Misalnya, takut berhubungan 5eks dapat menyebabkan kejang pada otot di sekitar vagin4 (vaginismus). Komplikasi lain mungkin berupa:

Kecemasan

• Depresi

Gangguan tidur

Disfungsi 5eksual

• Perubahan gambar/kesan tubuh

• Masalah pada hubungan (dengan pasangan)

• Penurunan kualitas hidup

Kapan Harus ke Dokter ?

Meskipun wanita sering tidak memberitahu dokter tentang masalah ini, vulvodynia adalah kondisi yang cukup umum.

Jika anda mengalami nyeri di daerah genital, diskusikan dengan dokter, atau mintalah rujukan ke dokter kandungan. Sangat penting untuk mengizinkan dokter mengobati penyebab-penyebab nyeri vulva (yang lebih mudah untuk diobati) seperti infeksi ragi atau infeksi bakteri, kondisi kulit dan masalah medis seperti diabetes. Setelah dokter mengevaluasi gejala tertentu, ia dapat merekomendasikan perawatan atau cara-cara lain untuk membantu Anda mengatasi rasa sakit.

Gaya Hidup & Perawatan di Rumah

Pengobatan untuk vulvodynia difokuskan pada upaya untuk menghilangkan gejala. Tidak ada satu jenis pengobatan yang bekerja efektif pada semua wanita, dan Anda mungkin menemukan bahwa kombinasi dari perawatan adalah hal terbaik yang dapat dipilih. Mungkin diperlukan waktu selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan agar gejalanya dapat membaik. Pilihan pengobatan mungkin termasuk:

• Obat-obatan. Antidepresan trisiklik atau antikonvulsan dapat membantu mengurangi rasa sakit kronis. Antihistamin dapat digunakan untuk mengurangi gatal.

Terapi biofeedback. Terapi ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan mengajarkan anda cara untuk mengendalikan respon tubuh tertentu. Tujuan dari biofeedback adalah untuk membantu anda rileks sehingga akan mengurangi sensasi rasa sakit. Untuk mengatasi vulvodynia, biofeedback dapat mengajarkan cara-cara merelaksasi otot panggul, yang dapat berkontraksi (mengkerut) untuk mengantisipasi rasa sakit.

Anestesi lokal. Obat-obatan, seperti salep lidokain, dapat meredakan gejala sementara. Dokter mungkin menyarankan penggunaan lidokain 30 menit sebelum hubungan 5eksual untuk mengurangi ketidaknyamanan anda. Jika anda menggunakan salep lidokain, pasangan anda juga mungkin mengalami mati rasa sementara setelah kontak 5eksual.

Blok saraf. Perempuan yang memiliki rasa sakit (dalam waktu yang lama) yang tidak merespon terhadap pengobatan lain dapat memanfaatkan suntikan lokal blok saraf.

• Terapi panggul lantai. Banyak wanita dengan vulvodynia memiliki masalah dengan otot-otot dasar panggul, yang mendukung rahim, kandung kemih dan usus. Latihan untuk memperkuat otot-otot dapat membantu meringankan rasa sakit akibat vulvodynia.

• Pembedahan. Dalam kasus di mana daerah yang sakit secara spesifik mengarah ke area pada cincin nikah (lokal vulvodynia, vulva vestibulitis), maka operasi untuk mengangkat kulit dan jaringan yang terkena (vestibulectomy) dapat mengurangi nyeri pada beberapa wanita.

Gaya Hidup & Perawatan di Rumah                       

Tips berikut ini dapat membantu anda mengatasi gejala vulvodynia:

• Kompres dingin. Kompres dingin yang ditempatkan langsung pada area eksternal genital anda dapat membantu mengurangi rasa sakit dan gatal.

• Berendam. Berendam nyaman dalam air hangat (tidak panas) sebanyak dua sampai tiga kali sehari, atau berendam dalam air dingin selama lima sampai 10 menit.

• Hindari pakaian super ketat dan celana dalam nilon. Pakaian ketat dapat membatasi aliran udara ke daerah genital anda, seringkali menimbulkan peningkata suhu dan kelembaban yang dapat menyebabkan iritasi. Memakai pakaian dalam putih berbahan katun dapat meningkatkan ventilasi dan kekeringan, cobalah tidur tanpa pakaian di malam hari.

• Hindari mandi dengan air panas dan berendam di pemandian air panas. Menghabiskan waktu di air panas dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gatal-gatal.

• Hindari kegiatan yang menempatkan tekanan pada vulva anda, seperti bersepeda atau menunggang kuda.

• Mencuci dengan lembut. Mencuci atau menggosok daerah yang terkena dengan kasar atau terlalu sering dapat meningkatkan iritasi. Sebaliknya, gunakan air biasa dan bersihkan vulva anda dengan lembut -menggunakan tangan anda, lalu tepuk daerah tersebut hingga kering. Setelah mandi, oleskan emollient bebas bahan pengawet, seperti petroleum jelly, untuk menciptakan penghalang/pelindung.

• Gunakan pelumas. Jika anda aktif secara 5eksual, gunakan pelumas sebelum anda melakukan hubungan 5eksual.

• Cobalah gunakan antihistamin pada waktu tidur. Hal ini dapat membantu mengurangi gatal dan membantu anda beristirahat lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *