VAGINISMUS


Vaginismus adalah suatu kontraksi yang tidak disadari dari otot vagin4 bagian bawah yang menghalangi masuknya pen1s ke dalam vagin4.


Penyebab & Faktor Risiko

Vaginismus merupakan akibat dari keinginan bawah sadar seorang wanita untuk mencegah penetrasi (masuknya pen1s ke dalam vagin4).  Seorang wanita bisa menderita vaginismus jika merasakan sakit pada hubungan 5eksual yang terdahulu.

Seorang wanita tidak ingin terlibat dalam hubungan 5eksual karena:

– Takut hamil

– Takut berada dibawah kendali mitra 5eksualnya

– Takut kehilangan kendali

– Takut mengalami sakit pada saat melakukan hubungan 5eksual.

Diagnosis                     

Riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik seringkali membantu menemukan adanya masalah fisik atau masalah psikis. Jika ditemukan masalah fisik, biasanya segera diperbaiki.


Gaya Hidup & Perawatan di Rumah

Jika vaginismus menetap, kepada penderita diajarkan teknik untuk mengurangi kejang otot.  Pada teknik pelebaran yang bertahap, seorang wanita memasukkan alat yang telah diberi pelumas ke dalam vagin4nya. Pada awalnya digunakan alat pelebar dengan ukuran kecil, lalu secara bertahap digunakan alat yang lebih besar. Latihan untuk memperkuat otot panggul (latihan Kegel) bisa dilakukan pada saat alat pelebar berada di dalam vagin4. Otot di sekitar vagin4 dikerutkan kuat-kuat dan kemudian dikendurkan, sehingga memungkinkan terbentuknya suatu perasaan bahwa penderita bisa mengendalikan otot-otot tersebut. Teknik pelebaran ini juga bisa dilatih secara teratur di rumah dengan menggunakan jari-jari tangan. Jika penderita sudah dapat menerima masuknya alat pelebar berukuran besar dengan rasa nyaman, maka dia dan mitra 5eksualnya bisa mencoba untuk melakukan hubungan 5eksual lagi. Penyuluhan terhadap penderita dan mitra 5eksualnya bisa mempermudah proses ini dan menghilangkan kecemasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *