URTIKARIA GESTASIONAL (Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy)

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Kulit > URTIKARIA GESTASIONAL (Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy)



Urtikaria gestasional atau dikenal juga sebagai Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy (PUPPP), merupakan ruam kulit yang menonjol dan gatal yang mulai terjadi pada bagian perut wanita hamil yang mengalami regangan (stretch marks). Kondisi ini biasanya terjadi pada 3 bulan terakhir kehamilan dan kemudian menyembuh setelah persalinan.

Gejala

Ruam kulit berupa papul-papul kecil berwarna merah muda yang timbul pada kulit perut yang teregang, terutama di sekitar pusar. Seringkali ada lingkaran pucat di sekitar papul (halo). Papul-papul ini dapat bergabung membentuk plakat besar yang menonjol dan berwarna merah dan dapat menyebar ke bokong dan paha bagian atas, terkadang ke lengan dan tungkai. Lesi jarang menyebar ke atas hingga mengenai payudar4.

Rasa gatal sering menyebabkan penderita tidak dapat tidur di malam hari. Setelah persalinan, ruam kulit biasanya menghilang dan tidak kambuh pada kehamilan berikutnya. 

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebabnya tidak diketahui, tetapi diperkirakan akibat regangan kulit pada bagian perut. Namun ruam kemudian berkembang seperti alergi dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Beberapa hal yang mendukung teori regangan kulit (stretch mark) adalah:

–        Kebanyakan kasus dimulai pada 3 bulan terakhir kehamilan, terutama 5 minggu terakhir, ketika terjadi regangan kulit yang hebat.

–        Ruam kulit ini paling sering terjadi pada kehamilan pertama, dimana perut masih sangat kencang.

–        Ruam biasanya dimulai di sekitar pusar, yaitu daerah yang mengalami regangan paling besar.

–        Rata-rata pasien PUPPP memiliki berat badan yang lebih besar, bayi yang lebih berat dari normal, dan kemungkinan memiliki anak kembar

Teori lain menduga ruam kulit ini terjadi akibat masuknya sejumlah sel janin ke dalam sirkulasi ibu, yang meningkat pada wanita dengan PUPPP dan dapat menetap untuk beberapa waktu setelah bayi dilahirkan.

Diagnosis

Diagnosis didasarkan dari tanda dan gejala-gejala yang ada. Tidak ada pemeriksaan laboratorium yang dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit ini. Biopsi kulit umumnya tidak dilakukan kecuali ada keraguan mengenai diagnosisnya.


Gaya Hidup & Perawatan di Rumah

Tidak ada terapi kuratif untuk mengobati penyakit ini selain persalinan. Gejala-gejala yang ada dapat diredakan dengan menggunakan :

  • Pelembab yang dioleskan sesering mungkin
  • Krim sterodi topikal yang dioleskan dua kali sehari pada ruam kulit yang gatal
  • Tablet antihistamin tertentu untuk mengatasi gatal

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *