Umur Berapa Pertama Kali Menstruasi? Itu Bisa Mempengaruhi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Peredaran darah > Umur Berapa Pertama Kali Menstruasi? Itu Bisa Mempengaruhi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Selama ini hipertensi, diabetes, merokok, dan obesitas sering dihubungkan dengan risiko penyakit jantung. Namun studi terbaru menunjukkan bahwa pada wanita, risiko terkena penyakit jantung juga berhubungan dengan usia datangnya menstruasi pertama.

Seperti yang dikutip dari laman medicalnewstoday, Kamis (06/07/2017), sekelompok peneliti yang dipimpin oleh Dr. Dexter Canoy dari the Cancer Epidemiology Unit di Universitas Oxford, Inggris mengumpulkan data dari 1,3 juta wanita di Inggris yang berusia 50-64 tahun. Peneliti memantau data tersebut selama 10 tahun.

Hasilnya wanita yang mengalami siklus menstruasi pertamanya pada usia ≤10 tahun (baca: kurang dari atau sama dengan 10 tahun) lebih berpeluang untuk menderita penyakit jantung, stroke, dan hipertensi, dibandingkan dengan wanita yang menstruasi pertamanya terjadi pada usia 13 tahun. Hal yang sama juga ditemukan pada wanita yang mulau mnstruasi pada usia 17 tahun ke atas. Peneliti mengatakan bahwa hasil penelitian itu tetap tidak berubah meskipun mereka menambahkan faktor lain seperti berat badan, kebiasaan merokok, mapun faktor sosial ekonomi.

Pentingnya menangani sejak dini masalah obesitas bisa menjadi solusi untuk mencegah datangnya menstruasi lebih awal dan mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam studi berbeda ditemukan juga bahwa memang terdapat hubungan antara umur awal menstruasi dengan risiko penyakit kardiovaskular.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *