UMBILICAL HERNIA / HERNIA UMBILICALIS (Hernia Pusar)



Apakah pusar bayi Anda menonjol saat dia menangis? Ini merupakan tanda klasik terjadinya hernia  pusar (umbilical hernia), sebuah kondisi umum dan biasanya tidak berbahaya. Hernia pusar terjadi saat bagian isi perut menonjol melewati sebuah titik lemah di otot perut. Hernia pusar lazim terjadi pada bayi, namun bisa terjadi juga pada orang dewasa.

Sebagian besar hernia tali pusar menutup/mendekat dengan sendirinya pada usia 1 tahun, meskipun sekira 10% membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Untuk mencegah komplikasi, hernia tali pusar yang tidak menghilang pada usia 4 tahun atau yang terlihat pada usia dewasa mungkin membutuhkan operasi untuk memperbaikinya.

Gejala

Hernia pusar menciptakan pembengkakan lembut atau penonjolan di dekat pusar. Penonjolan ini  diameternya berkisar mulai kurang dari setengah inchi hingga 2 inchi (1-5 cm). Jika bayi memiliki hernia pusar, Anda mungkin akan mengenali tonjolan hanya oada saat dia menangis, batuk atau bersin. Tonjolan mungkin menghilang saat bayi tenang, berbaring telentang.

Hernia pusar pada anak-anak umumnya tidak sakit, sedangkan hernia pusar yang muncul saat dewasa kemungkinan menimbulkan ketidaknyamanan pada perut.

Penyebab & Faktor Risiko

Selama kehamilan, tali pusar lewat melalui sebuah bukaan kecil di bagian otot perut bayi. Pembukaan ini ini normalnya menutup sebelum kelahiran. Jika otot tersebut tidak bertemu bersama-sama dii tengah secara lengkap, pemelahan di dinding perut mungkin menyebabkan hernia tali pusar pada saat bayi dilahirkan atau kelak kemudian hari.

Saat dewasa, terlalu banyak tekanan pada perut bisa menyebabkan hernia pusar. Pencetusnya antara lain:

•    Kegemukan

•    Mengangkat berat

•    Batuk

•    Kehamilan lebih dari satu janin

•    Cairan di rongga perut

Pada anak-anak, komplikasi dari hernia pusar jarang terjadi. Untuk kasus yang langka, penonjolan jaringan perut terperangkap dan tak lagi bisa didorong masuk ke dalam rongga perut. Hal ini mengurangi pasok darah ke bagian usus yang terperangkap dan dapat menuntun pada kesakitan di pusar dan kerusakan jaringan. Untuk kasus seperti ini dibutuhkan pembedahan segera.

Hernia pusar didiagnosis selama pemeriksaan fisik. Kadang-kadang tes darah atau studi pencitraan, seperti pemeriksaan perut dengan  ultrasound atau sinar X, digunakan untuk melihat komplikasi.


Gaya Hidup & Perawatan di Rumah

Setelah mengalami diagnosa dan ternyata ditemukan gejalanya. Penyembuhan penyakit Umbilical Hernia bisa dilakukan dengan cara operasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *