Tips Penanganan Bahan Makanan Agar Tetap Sehat Saat Dikonsumsi

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat menyimpan dan menyiapkan bahan makanan agar tetap sehat saat akan dimasak dan dikonsumsi:

  • Rencanakan lebih dahulu apa yang akan dimakan. Lunakkan daging dan makanan beku lainnya di lemari es, bukan di atas meja.
  • Jangan membeli makanan dalam kaleng atau botol yang sudah penyok atau tutupnya yang menggelembung.
  • Saat akan menyiapkan makanan, cuci kedua tangan dengan sabun. Bilas bahan makanan dengan saksama atau kupas kulitnya atau daun-daun bagian luarnya. Cucilah pisau dan permukaan talenan sering-sering, terutama setelah digunakan untuk memotong daging mentah dan sebelum mempersiapkan makanan lain yang akan dimakan mentah-mentah. Cucilah lap piring dan lap dapur sesering mungkin.
  • Saat memasak, gunakan termometer daging. Masak daging merah sampai mencapai suhu 71°C, daging ayam sampai 82°C. Masak ikan sampai mudah dicungkil dengan garpu. Sedangkan telur dimasak sampai kuningnya keras.
  • Kalau menyimpan makanan yang diawetkan, jangan lupa periksa tanggal kedaluwarsanya. Gunakan atau bekukan daging merah segar selama 3-5 hari setelah dibeli. Gunakan atau bekukan daging ayam segar, ikan, dan daging cincang sampai satu hingga dua hari. Dinginkan atau bekukan makanan sisa dalam waktu dua jam setelah disajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *