TAnda dan Gejala Diabetes Serta Pengaruhnya Pada Tubuh

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Ekskresi > TAnda dan Gejala Diabetes Serta Pengaruhnya Pada Tubuh

Apakah Anda sedang mengkhawatirkan kemungkinan jika Anda sendiri, anak Anda atau seseorang yang dekat dengan Anda mungkin menderita penyakit Diabetes? Untuk dipahami, seseorang yang mengalami beberapa gejala Diabetes sekalipun belum pasti penderita. Cara terbaik untuk memastikan apakah seseorang menderita Diabates atau tidak adalah dengan mengatur janji temu dengan Dokter dan meminta dilakukannya pemeriksaan Diabetes.

Gejala Umum Penderita Diabetes

  • Sering bolak balik ke toilet, terutama di malam hari
  • Merasa haus yang amat sangat
  • Merasakan lelah yang tidak biasa
  • Penurunan berat badan yang drastis -tanpa usaha untuk diet atau olahraga khusus
  • Merasakan gatal atau memiliki ruam di area genital
  • Luka terbuka yang sulit sembuh
  • PAndangan kabur – pada penderita ditahap yang lebih lanjut

Gejala Diabetes Tipe 1 akan selalu sama, tidak perduli di usia berapapun Anda mulai mengalaminya. Mayoritas orang akan didiagnosa dengan Diabetes tipe 1 di usia remaja ataupun awal masa dewasa. Pada umumnya, orang dewasa cenderung lebih lambat dalam mengenali gejala Diabetes, tidak seperti anak-anak ataupun remaja, yang pada akhirnya akan menyebabkan keterlambatan dalam penanganan Diabetes pada orang dewasa.

Kampanye 4T yang akan dijabarkan dalam berikut ini akan menjelaskan perihal gejala Diabetes pada anak; bagaimanapun, gejala yang dijumpai pada anak-anak tidak jauh berbeda berbeda dengan gejala umum yang dapat dijumpai pada orang dewasa yang termasuk pada T pertama yaitu Thrush (ruam).

Kadar gula yang tinggi pada air seni adalah tempat berkembang biak yang sempurna untuk jamur. Kelembapan yang tinggi dan jamur yang berkembang biak mengakibatkan timbulnya ruam, radang dan gatal yang amat sangat pada area genital, tidak perduli seberapa rajinpun Anda menjaga kebersihan area genital Anda atau mengganti pakaian dalam Anda.

Kenapa diabetes menyebabkan gejala-gejala tersebut?

Tubuh manusia membutuhkan gula sebagai sumber energi dasar. Pada penderita Diabetes, tubuh mengalami gangguan dalam memproses gula yang dikonsumsi. Gejala-gejala tersebut timbul karena banyaknya kadar gula yang tertinggal dalam darah yang tidak digunakan sebagai sumber energi sebagaimana seharusnya. Tubuh manusia secara otomatis akan berusaha untuk mengurangi kadar gula tersebut dengan mengeluarkan kelebihan gula tersebut dari dalam tubuh melalui air seni. Hal inilah yang menyebabkan tingginya kandungan kadar gula penderita diabetes dalam air seni.

Saya mengalami gejala Diabetes. Apa yang harus saya lakukan?

Dalam kondisi dimana Anda merasakan bahwa Anda mengalami gejala diabetes, Anda disarankan untuk segera membuat janji dengan Dokter. Karena pada sebagian kasus, mengalami gejala-gejala tersebut tidak selalu berarti bahwa Anda menderita Diabetes, tetapi bagaimanapun, untuk memastikannya Anda perlu menemui Dokter. Diagnosa yang lebih awal, pengobatan dan kontrol yang tepat dengan bantuan dokter atau spesialis sangat penting bagi kesehatan yang prima dan dapat mengurangi kemungkinan komplikasi lebih lanjut yang dapat berakibat fatal.

Mengenali Diabetes Tipe 1 pada Anak

Untuk membantu Anda dalam mengenali 4 (empat) gejala yang paling umum akan Diabetes Tipe 1 pada anak dan orang muda, Diabetes UK memperkenalkan kampanye 4T, yaitu Thrush, Tired, Toilet dan Thirst.

Kampanye ini didasari pada kenyataan bahwa ada banyak anak-anak dan orang muda yang tidak terdiagnosa dengan Diabetes Tipe 1 sampai mereka telah masuk ke dalam kondisi yang telah mengancam hidup dan memerlukan penanganan medis darurat dengan segera. Pemahaman akan 4 gejala yang umum diperlukan dalam memastikan penderita Diabetes mendapatkan penanganan yang tepat di fase awal penyakitnya. Dan dengan demikian memastikan tidak ada lagi keluarga penderita yang menyesali keterlambatan diagnosa yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang yang dikasihi.

Apa itu 4T ?

Jadi apa dan bagaimana yang dimaksud dengan 4T itu?

1. Toilet

Bolak balik ke toilet untuk buang air kecil atau mengompol padahal anak sebelumnya tidak pernah atau sangat jarang mengompol, atau popok yang sangat sering menjadi berat pada bayi.

Kondisi ini timbul sebagai efek samping dari tubuh yang ingin mengeluarkan kelebihan gula dari dalam tubuh.

2. Thirsty (Haus)

Merasakan haus yang sangat yang tidak dapat tertahan. Akibat sampingan dari seringnya tubuh mengeluarkan gula melalui air seni mengakibatkan kondisi nyaris dehidrasi yang membuat orang akan merasakan haus yang terus menerus.

3. Tired (Kelelahan)

Pada penderita Diabetes, melakukan aktivitas sehari-hari adalah sesuatu yang sulit karena penderita akan merasakan kelelahan yang sangat, meskipun tidak banyak kegiatan harian atau fisik yang dilakukan. Kebanyakan penderita bahkan akan merasakan kelelahan yang amat sangat meskipun tidak ada aktivitas fisik yang mereka lakukan sama sekali. Hal ini timbul akibat dari ketidakmampuan tubuh untuk merubah gula menjadi energi.

4. Thinner (Kehilangan berat badan) atau terlihat jauh lebih kurus.

Siklus normal tubuh manusia adalah menyimpan gula yang tidak dibakar tubuh untuk beraktivitas sebagai cadangan energi. Cadangan gula ini akan dirubah menjadi lemak. Pada penderita Diabetes, seluruh gula yang masuk akan secara otomatis dibuang melalui air seni. Tubuh kehilangan kemampuan untuk memproses gula menjadi energi ataupun menyimpan gula sebagai cadangan dalam bentuk lemak. Ketidakmampuan tubuh ini secara otomatis akan menyebabkan penderita Diabetes kehilangan berat badan secara drastis, meskipun penderita tidak melakukan aktivitas berlebih maupun aktivitas ringan sehari-hari.

Dalam kondisi anak Anda memperlihatkan satu atau lebih gejala pada 4T, segeralah meminta pemeriksaan Diabetes tipe 1. Pemeriksaan Diabetes Tipe 1 yang hanya melibatkan pemeriksaan setetes darah dari ujung jari tidak akan menyulitkan siapapun.

Apabila hasilnya positif bahwa anak Anda menderita Diabetes tipe 1, Dokter akan membuat janji konsultasi dengan Spesialis Anak pada hari yang sama sehingga anak dapat segera mulai mendapatkan penanganan yang tepat untuk membantu mengontrol diabetes yang mereka derita dan mencegah kondisi yang lebih serius.

Apa kemungkinan terburuk apabila gejala tersebut diabaikan?

Sangat jarang kemungkinan dimana gejala Diabetes Tipe 1 dapat diabaikan, karena gejala-gejala tersebut akan timbul dengan sangat cepat. Mengabaikan kondisi tersebut akan mengakibatkan gangguan permasalahan kesehatan yang jauh lebih serius, termasuk kondisi diabetic ketoacidosis yang berpotensi koma.

Diabetes Tipe 2 lebih memiliki kemungkinan untuk terabaikan karena gejala-gejalanya akan timbul dengan lebih perlahan terutama pada fase-fase awal. Hal tersebut menyebabkan Diabetes Tipe 2 tidak tertangani sampai ketika kondisi kesehatan penderita sudah berada ditahap yang buruk. Memastikan diagnosa awal dan pengecekan gula darah rutin dapat membantu mencegah dan mengurangi komplikasi yang lebih berat.

Referensi:

https://www.diabetes.org.uk/Diabetes-the-basics/Diabetes-Symptoms/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *