STUDI: Merokok Bisa Merusak DNA Manusia Secara Permanen

jangan-merokok

Merokok merupakan suatu kebiasaan buruk yang harus dan sangat harus untuk dihindari dan dijauhi, karena berdasarkan hasil penelitian terbaru ditemukan bukti bahwa merokok dapat merubah DNA manusia. Setidaknya 7000 gen akan berubah dan sangat berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan kebiasaan merokok.

Dilansir dari laman Health, Kamis (22/9/2016), berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh U.S. National Institute of Environmental Health Sciences dengan mengambil sampel darah dari sekitar 16 ribu orang yang merokok, ditemukan dalam darah mereka perubahan gen DNA. Setelah seseorang berhenti merokok, kebanyak gen yang berubah tadi akan bisa pulih dalam waktu 5 tahun setelah berhenti merokok. Walaupun begitu ditemukan juga gen yang tidak berubah, bahkan setelah 30 tahun berhenti merokok gen tersebut tidak dapat pulih.

Setiap tahun diketahui setidaknya 6 juta orang meninggal akibat efek rokok. Puluhan tahun setelah berhenti merokok, perubahan DNA yang telah terjadi berpotensi memunculkan penyakit-penyakit seperti kanker, jantung, paru-paru, stroke, impotensi, pencernaan dan sebagainya. Jadi jauhilah rokok dan jangan merokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *