Pertolongan Pertama Ketika Terserang Asma

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penatalaksanaan > Pertolongan Pertama Ketika Terserang Asma

Pertolongan Pertama Ketika Terserang Asma
ilustrasi asma | photo viva.co.id(istock)
Jika anda penderita asma, atau ada salah satu keluarga, teman yang juga menderita penyakit tersebut, anda jangan panik ketika tiba-tiba terkena asma. Yang perlu anda lakukan adalah dengan mengikuti langkah-langkah pertolongan pertama ketika terserang asma.
Pada saat asma terjadi, saluran udara di dalam paru-paru bisa meradang dan tertutupi lendir sehingga sulit bagi seseorang untuk bernapas. Inhaler adalah obat yang selalu dibawah oleh penderita asma. Tetapi jika melupakan hal tersebut, lakukan langkah dibawah ini untuk pertolongan pertama ketika terserang asma seperti yang dilansir oleh viva.co.id.
1. Saat dada terasa sesak

Ketika anda mengalami dada terasa sesak, cobalah untuk duduk tegak, istirahat dan mencoba untuk rileks. Jangan membungkuk atau berbaring karena hal tersebut dapat membuat saluran pernapasan anda semakin menyempit.

2. Tarik napas panjang dan dalam

Cobalah menarik napas panjang dan dalam dengan cara tarik napas melalu hidung dan hembuskan melalui mulut. Hal ini untuk memperlambat pernapasan Anda ke bawah dan mencegah hiperventilasi atau keadaan napas yang berlebihan akibat kecemasan yang mungkin disertai dengan histeria atu serangan panik.

3. Jangan panik

Saat terserang asma usahakan jangan panik. Jika anda panik dapat membuat otot dada menjadi tegang dan sulit untuk bernapas. Mungkin akan sulit dilakukan, karena refleks pertama adalah panik, terutama jika tidak membawa inhaler. Namun sebaiknya cobalah untuk tetap tenang.

4. Hindari debu dan AC

Debu dan ruangan ber-AC dapat memicu asma, sehingga sebaiknya untuk menghindarinya.

5. Carilah bantuan darurat

Jika asma semakin parah dan napas terasa berat, batuk tidak berhenti meskipun Anda sudah melakukan hal-hal tersebut diatas, segera untuk ke rumah sakit.

6. Minuman hangat

Saat mengalami sesak cobalah mengonsumsi minuman hangat seperti kopi atau teh hangat. Hal ini bisa membuat saluran udara sedikit terbuka sekitar satu jam atau lebih. Sehingga dapat membantu pernapasan menjadi lancer.

Itulah pertolongan pertama yang dapat dilakukan ketika terkena serangan asma. Jika anda sering mengalami asma secara rutin, sebaiknya segera menghubungi dokter untuk memeriksa lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *