Penyebab VESICOURETERAL REFLUKS

Ginjal merupakan sepasang organ berbentuk seperti kacang yang terletak di bagian belakang perut bagian atas. Fungsinya adalah menyaring limbah, air dan elektrolit seperti mineral, sodium, kalsium dan potasium, yang membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dari darah.

Tabung yang disebut ureter membawa urin dari ginjal ke kandung kemih untuk disimpan sampai dikeluarkan dari tubuh melalui tabung lain (urethra) saat buang air kecil.

Refluks vesicoureteral dapat menyeran dalam dua bentuk, primer dan sekunder:

  1. Refluks vesicoureteral Primer. Umumnya disebabkan cacat sebelum lahir (kongenital). Kelainan terjadi pada katup fungsional antara kandung kemih dan ureter yang biasanya menutup untuk mencegah urin mengalir ke belakang.
    Seiring pertumbuhan anak, ureter menjadi semakin panjang dan lurus sehingga dapat meningkatkan fungsi katup dan mengatasi refluks. Refluks vesicoureteral jenis ini cenderung diturunkan dalam keluarga, sehingga mungkin juga disebabkan faktor genetik. Namun penyebab pastinya tidak diketahui.
  2. Refluks vesicoureteral sekunder. Umumnya disebabkan karena penyumbatan atau kerusakan pada sistem kemih. Penyumbatan yang paling umum terjadi adalah hasil dari ISK yang berulang sehingga menyebabkan pembengkakan ureter.

Artikel Lain Tentang Penyakit :

Pembaca Artikel di Atas Juga Membaca: