Penyebab SEPTIC ARTHRITIS

Septic arthritis terjadi ketika ada infeksi di tempat lain di tubuh, kemudian menyebar melalui aliran darah ke sendi. Luka tusuk, suntikan obat atau pembedahan yang dilakukan di dekat sendi juga memungkinkan bakteri masuk ke dalam ruang sendi.

Lapisan sendi (sinovium) memiliki sedikit perlindungan dari infeksi. Setelah mencapai sinovium, bakteri masuk dengan mudah dan dapat mulai menghancurkan tulang rawan. Peradangan, tekanan sendi meningkat, dan berkurangnya aliran darah dalam sendi merupakan reaksi tubuh terhadap bakteri, dan itu semua berkontribusi pada kerusakan sendi.

Jenis bakteri

Sejumlah strain bakteri dapat menyebabkan septic arthritis. Jenis yang paling sering menyebabkan septic arthritis adalah Staphylococcus aureus (Staph), bakteri yang biasa ditemukan pada kulit dan dalam hidung.

Dulu, septik artritis lebih sering disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan penyakit menular seksual, gonorrhea. Tapi praktik seks yang aman menyebabkan penurunan gonorrhea beserta komplikasinya, termasuk septic arthritis. Namun, pada orang muda yang aktif secara seksual, gonorrhea masih berpotensi menyebabkan septic arthritis.

Penyebab lainnya yang menular

Virus juga dapat menyerang sendi (artritis virus), meskipun biasanya gangguan ini sembuh sendiri dan meninggalkan sedikit kerusakan sendi. Infeksi sendi juga dapat disebabkan oleh jamur (artritis jamur). Tipe arthritis lain yang bisa menular adalah artritis reaktif yang menyebabkan nyeri sendi dalam menanggapi infeksi di bagian lain tubuh meskipun sendi itu sendiri tidak terinfeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *