Penyebab rambut rontok yang wajib diketahui

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Info > Penyebab rambut rontok yang wajib diketahui

Rambut adalah mahkota, itulah suatu kata mutiara yang sering kita dengar. Karenanya kita pasti akan merasa tidak nyaman ketika rambut mengalami kerontokan, terlebih rambut yang rontok lumayan banyak, tentu kita akan khawatir, jangan-jangan suatu saat rambut kita akan habis dan menjadi botak :). Oh tidak…

Lantas apa saja yang menyebabkan rambut rontok? Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan rambut rontok:

Faktor hormon

Tingginya kadar hormon androgen ini diyakini menjadi penyebab rontoknya rambut pada alopecia androgenik. Akan tetapi rambut yang rontoh atau bahkan botak tidak ada hubungannya dengan tingkat kejantanan seorang pria.

Faktor genetik atau keturunan

Apabila orang tua kita baik ayah maupun ibu mengalami kerontokan rambut, kemungkinan itu juga akan terjadi pada anak-anaknya, baik laki-laki maupun perempuan.

Penggunaan obat-obatan tertentu

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan rambut rontok, seperti obat kemoterapi yang dipakai dalam terapi pengobatan kanker, antikoagulan, retinoid yang digunakan untuk mengobati jerawat dan kulit, beta-adrenergic blockers yang digunakan untuk mengontrol tekanan darah, kontrasepsi oral, dan lain-lain. Namun kebanyakan sifatnya sementara, jika Anda menghentikan penggunaan obat, maka kemungkinan besar rambut akan kembali normal.

Serangan penyakit dan kondisi tertentu

Seseorang yang mengalami stress, pasca melahirkan, mengidap penyakit tertentu, demam tinggi, kemungkinan akan mengalami kerontokan rambut. Selain itu kerontokan rambut juga bisa diakibatkan oleh luka bakar, sinar-X (rongsen), mapun luka pada kulit kepala. Kurap pada kulit kepala, penyakit autoimun seperti alopecia areata juga bisa menyebabkan rambut rontoh karena penyakit itu dapat mempengaruhi folikel rambut yang menyebabkan rambut menjadi menipis kemudian rontok.

Perlakuan pada rambut

Terlalu sering keramas, menggunakan penjepit rambut yang tidak baik, pemanas rambut, mewarnai rambut terlalu sering, dan hal-hal berlibihan lainnya akan menyebabkan rambut rontok karena akan membut rambut menjadi rapuh dan mudah patah.


Dengan mengetahui penyebab rambut rontok tadi, semoga kita semua bisa meminimalisirnya sehingga terhindar dari kebotakan.