Penyebab Penyakit TINEA CAPITIS

Kurap kulit kepala disebabkan oleh salah satu dari beberapa jenis jamur seperti yang disebut dengan dermatofit, yakni jamur yang menyerang lapisan luar kulit pada kulit kepala dan batang rambut. Kurap tidak disebabkan oleh cacing. Nama umum untuk penyakit ini mengacu pada penampilan seperti cincin, melingkar yang memunculkan infeksi pada kulit. Metode transmisi Kurap adalah penyakit menular dan dapat menyebar dengan cara berikut:
  • Manusia ke manusia. Kurap sering menyebar melalui kontak langsung kulit-ke-kulit dengan orang yang terinfeksi.
  • Objek atau benda ke manusia. Kurap dapat menyebar melalui kontak dengan benda atau permukaan yang telah disentuh oleh orang atau hewan yang terinfeksi, seperti pakaian, handuk, seprei, sisir atau sikat.
  • Hewan ke manusia. Anjing dan kucing, terutama anak anjing dan anak kucing, sering menjadi pembawa kurap. Hewan lain yang rentan terinfeksi jamur termasuk sapi, kambing, babi dan kuda. Anak anda bisa terkena kurap karena merawat atau memelihara hewan yang terinfeksi kurap.

Jenis kurap yang lain Jamur yang menyebabkan kurap kulit kepala dapat menyebabkan infeksi lain pada tubuh. Infeksi ini umumnya diklasifikasikan oleh bagian tubuh yang terkena. Antara lain meliputi:

  • Kurap tubuh (tinea corporis). Kurap jenis ini menyebabkan kemerahan, sisik berbentuk cincin atau lingkaran ruam pada lapisan atas kulit.
  • Kaki atlet (tinea pedis). Kurap jenis ini mempengaruhi daerah lembab antara jari-jari kaki dan kadang-kadang di kaki sendiri.
  • Jock gatal (tinea cruris). Kurap jenis ini mempengaruhi alat kelami, paha atas bagian dalam dan bokong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *