Penyebab Nyeri Rahang dan Metode Perawatannya

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Otot > Penyebab Nyeri Rahang dan Metode Perawatannya

Nyeri atau sakit pada rahang dapat menyebabkan ketidaknyamanan bahkan kehilangan kemampuan untuk makan dan berbicara. Banyak hal yang dapat menyebabkan nyeri pada rahang mulai dari sinusitis, sakit gigi, maupun sakit pada otot atau sendi rahang itu sendiri. Akan cukup sulit untuk secara langsung menentukan apa yang sebenarnya menjadi penyebab dari terjadinya nyeri rahang.

Apa saja gejala nyeri rahang?

Berikut adalah beberapa gejala nyeri rahang:

  • Berbunyi atau ada pergerakan tidak wajar saat Anda menggerakkan rahang.
  • Sakit pada area wajah
  • Sering sakit kepala.
  • Rasa sakit yang menyebar di dalam atau di sekitar telinga.
  • Nyeri tajam atau syok saat mengunyah atau menggigitnya.
  • Kekakuan di rahang yang bisa menyulitkan membuka mulut.
  • Nyeri dan tegang pada sendi rahang.

Apa yang menyebabkan nyeri rahang?

Kebanyakan nyeri rahang disebabkan oleh ketidaknormalan atau cedera pada sendi rahang tapi dimungkinkan juga adanya penyebab lain seperti berikut ini:

Gangguan sendi dan otot Temporomandibular (TMD) merupakan penyebab umum nyeri rahang. TMD juga dikenal dengan sebutan TMJ (Temporomandibular Joint). Sendi Temporomandibular merupakan sendi yang terdapat di kedua sisi rahang kanan dan kiri. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan nyeri pada sendi dan otot Temporomandibular:

  • Nyeri pada otot yang mengendalikan pergerakan sendi rahang.
  • Terjadinya cedera pada sendi rahang.
  • Rangsangan berlebih pada sendi rahang.
  • Bergesernya piringan yang seharusnya membantu melindungi pergerakan rahang.
  • Artritis pada piringan pelindung yang merupakan bantalan dari sendi rahang.

Kerusakan pada sendi dan otot yang mengendalikan pergerakan rahang dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:

  • Menggrinding gigi di malam hari.
  • Tanpa sadar sering menyAndarkan pipi tepat pada bagian rahang pada tangan.
  • Cedera akibat benturan, terjatuh, atau kecelakaan.

Selain hal di atas ada beberapa penyebab lain yang kurang umum seperti:

  • Sakit kepala cluster merupakan sakit kepala yang dapat menyebabkan munculnya rasa sakit di belakang atau di seputaran area mata yang rasa nyerinya dapat menjalar hingga ke rahang. Sakit kepala cluster merupakan salah satu jenis sakit kepala yang paling menyakitkan.
  • Terjadinya masalah pada sinus
    Sinus merupakan rongga yang berisi udara yang terletak di dekat sendi rahang. Jika sinus terinfeksi oleh kuman bakteri atau virus maka akan terbentuk lendir yang berlebihan sehingga memberikan tekanan pada sendi rahang yang menimbulkan rasa sakit.
  • Sakit gigi
    Beberapa jenis sakit gigi seperti abses dapat menyebabkan rasa sakit yang menjalar hingga ke rahang.
  • Neuralgia trigeminal
    Neuralgia pada saraf trigeminal (saraf kranial kelima) yang bertanggung jawab untuk sensasi di wajah Anda. Kondisi ini ditAndai dengan rasa nyeri hebat, mati rasa ekstrim, atau terbakar pada bagian wajah, mungkin saat menggosok gigi atau bercukur. Setiap getaran di wajah Anda, bahkan hanya berbicara, dapat mengaktifkannya. Kondisi ini dapat datang dan pergi, menghilang selama beberapa hari atau bulan. Semakin lama Anda memilikinya, semakin kerap kehadirannya. Penyebab NT mungkin pembuluh darah yang menekan saraf trigeminal. Tumor dan sklerosis multipel (multiple sclerosis) juga dapat menyebabkan NT, tetapi dalam beberapa kasus penyebabnya tidak diketahui. NT biasanya menyerang orang di atas 50 tahun, khususnya perempuan. Neuralgia trigeminal dapat menyebabkan nyeri pada rahang.
  • Serangan jantung
    Serangan jantung dapat menyebabkan nyeri pada area lain pada tubuh seperti dada lengan punggung leher dan rahang. Pada sebagian wanita serangan jantung kemungkinan akan menimbulkan nyeri pada rahang bagian kiri.

Cara meredakan nyeri rahang

Gunakan kantung es atau kantong penghangat

Masukkan es ke dalam kantung itu kemudian lapisi dengan kain tipis dan aplikasikan pada wajah sekitar 10 menit, kemudian istirahatkan selama 10 menit sebelum mengaplikasikannya kembali.

Anda juga bisa menggunakan handuk yang direndam pada air hangat kemudian aplikasikan ke sisi rahang Anda. Rasa lembab dan hangat dapat merelaksasi otot rahang yang terlalu aktif dan meredakan nyeri. Anda bisa mengaplikasikannya beberapa kali.

Menggunakan obat obatan bebas yang bisa dibeli di apotek

Obat seperti ibuprofen dan parasetamol dapat mengurangi rasa nyeri.

Melakukan pemijatan pada sendi rahang

Tekan area rahang yang sakit misalnya di area depan telinga tempat dimana sendi rahang saling bertemu dengan jari telunjuk dan jari tengah. Pijat dengan gerakan memutar sebanyak 5 sampai 10 putaran kemudian buka mulut Anda dan ulangi pemijatan. Memijat otot di sisi leher juga akan membantu meringankan rasa nyeri.

Merubah gaya hidup

Mengurangi stres cobalah untuk melakukan stres seperti yoga dan meditasi mengurangi nyeri rahang yang diakibatkan oleh stres.

Hindari makan makanan yang alot atau terlalu kenyal

Makanan alot, kenyal atau keras dapat menyebabkan terjadinya ketegangan pada sendi dan menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan di kemudian hari. Jenis makanan yang perlu dihindari seperti mengunyah permen karet mengunyah es batu atau makan daging yang terlalu alot.

Hindari konsumsi kafein

Kafein dapat menyebabkan ketegangan pada otot.

Perawatan medis

Jika Anda mengalami nyeri rahang, dokter pertama kali menyarankan untuk melakukan terapi tanpa pembedahan namun jika sendi atau nyeri pada rahang tetap terjadi setelah melakukan metode terapi tersebut, mungkin Anda juga perlu berkonsultasi pada dokter gigi.

Menggunakan mouthguard

Mouthguard merupakan plastik pelindung gigi yang akan melindungi gigi atas dan gigi bawah Anda pada saat tidur. Menggrinding gigi tanpa sadar saat tidur dapat menyebabkan nyeri gigi dan rahang.

Menggunakan relaksan otot

Jika nyeri rahang tetap terjadi bahkan setelah Anda menggunakan mud guard kemungkinan dokter gigi akan menyarankan atau meresepkan relaksan otot untuk meredakan ketegangan pada sendi rahang.

Suntik botox

Metode invasif seperti suntik botox dapat meredakan nyeri rahang. Botulinum toxin akan membuat otot rahang menjadi mengepal sehingga membantu meredakan nyeri rahang. Namun metode suntik botox sini harus dilakukan berulang kali dan biasanya memakan waktu hingga berbulan-bulan.

Pembedahan

Pada kasus tertentu diperlukan operasi rahang untuk meredakan nyeri tersebut terutama jika nyeri rahang disebabkan karena masalah struktural pada sendi rahang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *