Penyebab MYOCARDITIS

Demam rematik merupakan penyebab umum dari myocarditis, namun biasanya ada penyebab lain dari myocarditis. Myocarditis paling sering berkembang karena infeksi yang disebabkan, antara lain oleh:

  1. Parasit
    Toxoplasma dan Trypanosoma cruzi, termasuk beberapa parasit yang ditularkan oleh serangga dan dapat menyebabkan kondisi yang disebut penyakit Chagas. Penyebab yang paling umum dari gagal jantung kongestif adalah penyakit Chagas.
  2. Bakteri
    Termasuk bakteri tick-borne yang menyebabkan penyakit Lyme dan Staphylococcus aureus, yang juga dapat menyebabkan infeksi pada katup jantung yang disebut endocarditis. Lebih dari seperempat dari semua orang dengan infeksi bakteri difteri, juga terjadi myocarditis.
  3. Jamur
    Beberapa penyebab yang jarang dari myocarditis yaitu, aspergilus, infeksi jamur seperti kandida, dan jamur lain seperti histoplasma. Histoplasma sering ditemukan pada kotoran burung.
  4. Virus
    Coxsackievirus B, yang dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan kasus ringan flu, adalah virus yang paling sering dihubungkan dengan myocarditis. Namun, penyebab lain dari myocarditis meliputi ruam yang disebut ‘fifth disease’ yang disebabkan oleh Parvovirus B19, mononukleosis disebabkan oleh Epstein-Barr virus, campak disebabkan oleh rubella, infeksi saluran pencernaan yang disebabkan oleh echovirus, dan virus yang menyebabkan flu (adenovirus). Otot jantung juga dapat langsung disusupi oleh HIV, virus penyebab AIDS.

Beberapa kondisi yang dapat mengarah pada perkembangan myocarditis, antara lain:

  1. Obat-obatan yang dapat menyebabkan reaksi alergi
    Antibiotik seperti penisilin dan obat sulfonamida, serta beberapa obat terlarang seperti kokain.
  2. Beberapa bahan kimia
    Zat-zat seperti hidrokarbon dan arsen.
  3. Penyakit lainnya
    Peradangan pembuluh darah (vaskulitis), lupus, gangguan jaringan ikat, dan kondisi peradangan langka seperti granulomatosis Wegener.

Artikel Lain Tentang Penyakit :

Pembaca Artikel di Atas Juga Membaca: