Penyebab HISTOPLASMOSIS

Penyebab dari histoplasmosis adalah terpaparnya seseorang oleh jamur yang diberi nama Histoplasma capsulatum. Jamur ini terutama sering berada pada kandang ayam dan merpati, lumbung tua, taman dan gua yang merupakan tanah basah yang kaya bahan organik, terutama kotoran dari burung dan kelelawar.

Suhu tubuh burung yang terlalu tinggi, menyebabkan burung tidak dapat terinfeksi dengan histoplasmosis, namun burung dapat membawa H. capsulatum di bulu mereka. Selain itu, kotoran burung dapat mendukung pertumbuhan jamur.

Kelelawar memiliki suhu tubuh lebih rendah dan dapat terinfeksi, namun seseorang tidak dapat terjangkit penyakit ini dari kelelawar atau dari orang lain.

Ketika seseorang menghirup sel-sel reproduksi (spora) dari jamur, maka dapat terkena histoplasmosis. Spora ini sangat ringan, sehingga kotoran atau bahan terkontaminasi lainnya dapat mengapung di udara dan terhirup oleh manusia.

Penyakit ini biasanya terjadi pada orang yang tinggal di dekat tanah basah yang kaya bahan organik, serta petani, dan pekerja konstruksi.

Artikel Lain Tentang Penyakit :

Pembaca Artikel di Atas Juga Membaca: