Penyakit mata bintitan, penyebab, dan pengobatannya

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Mata > Penyakit mata bintitan, penyebab, dan pengobatannya

Apa itu bintitan?

Bintitan dalam bahasa Jawa dikenal dengan sebutan timbilen yaitu suatu benjolan kemerahan yang terasa sakit yang letaknya ada di dasar bulu mata, di bawah maupun di dalam kelopak mata. Bintitan sebenarnya merupakan infeksi lokal dari kelenjar atau kantong rambut (folikel) dari kelopak mata. Bagi kebanyakan orang, bintitan dikenal juga dengan sebutan bisul mata. Dalam bahasa medis, bintitan dikenal dengan istilah hordeolum (jamak, hordeola).

bintitan

Ciri khas bintitan yang terjadi pada kelopak mata yaitu munculnya benjolan kecil berwarna kemerahan yang terasa sakit baik saat kelopak mata diam maupun berkedip. Terkadang pada ujung benjolan terdapat nanah berwarna kekuningan atau kuning kehijauan. Mata yang mengalami bintitan biasanya akan terlihat ‘sipit’.

Bintitan (hordeolum) ada 2 jenis yaitu:

  1. Hordeolum eksternal yaitu bintitan yang terjadi di dasar bulu mata (folikel rambut) dan telihat jelas dari luar terutama pada bagian ujungnya yang lancip.
  2. Hordeolum internal yaitu bintitan terjadi di kelenjar meibom, suatu kelenjar yang letaknya di bagian bawah kelopak mata yang mengeluarkan suatu substansi zat minyak ke bola mata. Bintitan ini tidak begitu tampak dari luar.

Hordeolum sekilas menyerupai chalazion, chalazion adalah kista atau jaringan parut yang terjadi akibat peradangan kronis yang muncul di kelenjar meibom pada kelopak mata. Chalazion juga bisa terjadi saat infeksi bintitan/hordeolum terjadi, sehingga akan muncul jaringan parut di sekitar kelenjar meibom.

Perbedaan yang jelas antara hordeolum dan chalazion, yaitu rasa nyeri dan kemerahan. Chalazion biasanya tidak menimbulkan rasa sakit ataupun kemerahan.

Apa penyebab bintitan?

Bintitan dapat terjadi sebagai akibat dari infeksi pada kelenjar minyak yang terdapat di kelopak mata (kelenjar meibom) yang membantu memberikan ‘pelumas’ pada bola mata. Infeksi akan terjadi saat kelenjar meibom ini mengalami penyumbatan. Bintitan juga bisa muncul dari folikel rambut yang mengalami infeksi di dasar bulu mata. Suatu jenis bakteri bernama Staphylococcus aureus menjadi salah satu bakteri penyebab bintitan (90% -95%). Bintitan juga dapat berkembang sebagai akibat komplikasi dari peradangan difus kelopak mata (blepharitis).

Cara mengobati bintitan

Bintitan biasanya akan sembuh dengan sendirinya tanpa harus diberikan perawatan medis khusus. n untuk mempercepat penyembuhan, cara berikut ini bisa Anda lakukan.

1. Memberikan kompres hangat

Memberikan kompres hangat pada kelopak mata akan memperlancar aliran darah di daerah itu. Saat aliran darah menjadi lancar, maka kekebalan tubuh kita akan meningkat dan mampu melawan infeksi bakteri penyebab bintitan tadi.

Kompres hangat bisa dilakukan dengan membasahi handuk dengan air hangat atau juga bisa dengan menggunakan kantung kompres lalu kompreslah pada area kelopak mata yang terkena bintitan. Lakukan pengompresan sekira 10 sampai 15 menit sebanyak empat sampai enam kali sehari. Dalam waktu 24 sampai 48 jam pada ujung bintitan akan cepat terbentuk nanah. Jika gelembung nanah pecah dan nanah keluar, maka bintitan bisa segera sembuh.

2. Jangan mencoba menekan bintitan

Karena bintitan adalah suatu infeksi, maka jangan menekan atau memencetnya karena dapat memperburuk infeksi itu sebab innfeksi yang terjadi dapat menyebar. Pantau kondisi bintitan selama 4-7 hari.

3. Menggunakan salep antibiotik

Jika Anda rasa bintitan Anda semakin parah, maka Anda perlu segera ke dokter. Dokter biasanya akan meresepkan salep antibiotik yang kemungkinan dikombinasikan dengan obat oral. Biasanya pada kasus seperti itu bintitan yang terjadi sudah parah dan pembengkakan juga membesar yang menghalangi gerakan mata.

Pada kasus infeksi yang berat akan terjadi nyeri yang amat sangat, maka obat penghilang rasa nyeri seperti paracetamol, ibuprofen, dan lain-lain dapat digunakan. Obat-obat tersebut bisa dibeli tanpa resep dokter, namun Anda harus mengetahui lebih dulu aturan minumnya yang sesuai dengan diri Anda.

Jika bintitan tidak sembuh juga, maka kemungkinan dokter akan melakukan metode pembedahan dengan bius lokal untuk mengeluarkan nanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *