Pentingnya Melindungi Mata dari Sinar UV dan Tips Memilih Kacamata Anti UV

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Mata > Pentingnya Melindungi Mata dari Sinar UV dan Tips Memilih Kacamata Anti UV

Tidak hanya kulit, mata juga perlu kita lindung dari bahaya sinar UV (Ultraviolet). Mata yang terpapar oleh sinar UV bisa menimbulkan katarak dan berbahaya juga pada retina. Untuk meminimalisir risiko, maka kita bisa menggunakan kacamata menggunakan kacamata hitam atau sunglasses. Dokter mata sebenarnya sangat merekomendasikan penggunaan kacamata hitam / kacamata anti UV ketika berada di luar ruangan. Namun kita perlu berhati-hati dalam memilih kacamata anti UV ini. Tidak semua kacamata hitam yang banyak beredar di pasaran itu aman dan melindungi mata kita. Carilah kacamata hitam yang mampu menyerap 100 persen sinar UV, itu yang direkomendasikan oleh American Academy of Ophthalmology.

Lantas bagaimana cara memilih kacamata anti UV yang baik?. Sebaiknya pilihlah kacamata anti UV yang lensanya terbuat dari bahan plastik polikarbonat tahan gores. Lensa dengan bahan tersebut mampu mengurangi tingkat kecerahan dan silaunya cahaya. Tapi ingat, jangan memilih lensa yang terlalu melengkung sebab bisa menimbulkan distorsi cahaya. Cara mendeteksinya mudah yakni dengan menempatkan kacamata sekitar 20 cm di depan mata lalu kita arahkan pada obyek yang meiliki garis lurus. Gerak-gerakkan kacamata tersebut. Bila garis lurus tadi bergerak-gerak juga, maka pilih yang lain.

Kacamata sekarang lensanya tidak hanya berwarna hitam tapi sudah memiliki berbagai macam warna seperti kuning, biru, merah, ungu, dan sebagainya. Pemilihan warna lensa sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan mata.

Referensi:

  1. http://www.webmd.com/eye-health/features/how-to-pick-good-sunglasses
  2. http://www.wikihow.com/Pick-Sunglasses
  3. https://medicalxpress.com/news/2017-06-sunglasses.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *