Pengobatan SEASONAL AFFECTIVE DISORDER (SAD)

Perawatan dan pengobatan

  1. Terapi cahaya.
    Dalam terapi cahaya atau fototerapi, Anda duduk beberapa meter dari kotak terapi cahaya khusus sehingga terkena cahaya terang. Terapi cahaya meniru cahaya outdoor dan menyebabkan perubahan kimia otak yang terkait dengan suasana hati. Pengobatan ini mudah digunakan dan tampaknya memiliki efek samping yang rendah.
  2. Obat-obatan.
    Beberapa orang dengan gangguan afektif musiman manfaat dari pengobatan dengan antidepresan, terutama jika gejalanya parah. Obat yang biasanya digunakan untuk mengobati gangguan afektif musiman termasuk: Bupropion, paroxetine (Paxil), sertraline (Zoloft), fluoxetine (Prozac, Sarafem) dan venlafaxine (Effexor).
  3. Psikoterapi.
    Psikoterapi adalah pilihan lain untuk mengobati gangguan afektif musiman. Meskipun gangguan afektif musiman diperkirakan berhubungan dengan proses biokimia, mood dan perilaku juga dapat menambahkan gejala. Psikoterapi dapat membantu Anda mengidentifikasi dan mengubah pikiran negatif dan perilaku yang mungkin membuat Anda merasa lebih buruk. Anda juga dapat mempelajari cara-cara sehat untuk mengatasi gangguan afektif musiman dan mengelola stres.

Berikut adalah tips untuk membantu mengelola kondisi mental untuk mengurangi resiko SAD:

  1. Tetaplah pada rencana pengobatan.
    Mengambil obat seperti yang diarahkan dan menghadiri pertemuan terapi seperti yang dijadwalkan.
  2. Jaga diri.
  3. Usahakan cukup istirahat.
  4. Makan teratur makanan sehat.
  5. Luangkan waktu untuk bersantai.
  6. Jangan beralih ke alkohol atau obat-obatan tanpa resep dokter.
  7. Lakukan manajemen stres.
    Pelajari cara mengelola stres Anda lebih baik. Stres dapat menyebabkan depresi, makan berlebihan, atau pikiran tidak sehat lainnya.
  8. Berosialisasi.
    Ketika Anda merasa murung, sulit rasanya untuk bergaul. Berusahalah agar tetap berinteraksi dengan orang di sekitar Anda. Mereka dapat menawarkan dukungan, bahu untuk menangis atau lelucon untuk memberikan sedikit dorongan.
  9. Jalan-jalan.
    Jika mungkin, cobalah berlibur ketika musim dingin cerah. Lokasi hangat cocok untuk Anda yang memiliki gangguan SAD musim dingin atau lokasi dingin jika Anda memiliki gangguan SAD musim panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *