Pengobatan Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Pengobatan dan Pencegahan

Pengobatan PTSD mencakup pemberian obat dan psikoterapi.

Obat-obatan

  1. Beberapa jenis obat dapat membantu mengatasi PTSD:
  2. Antipsikotik. Untuk mengurangi kecemasan yang parah, susah tidur dan ledakan emosional.
  3. Antidepresan. Untuk mengatasi gejala depresi dan kecemasan. Dapat juga membantu mengatasi masalah susah tidur dan meningkatkan konsentrasi.
  4. Obat. anti kecemasan Obat ini juga dapat mengobati perasaan cemas dan stres.
  5. Prazosin. Obat ini telah digunakan selama bertahun-tahun dalam pengobatan hipertensi. Meskipun obat ini tidak secara khusus disetujui untuk pengobatan PTSD, prazosin dapat mengurangi atau menekan mimpi buruk pada banyak penderita PTSD.

Psikoterapi

Beberapa jenis terapi dapat digunakan untuk mengobati anak-anak dan orang dewasa yang mengalami PTSD. Dapat juga menggunakan terapi individu, terapi kelompok atau menggabungkan keduanya. Terapi kelompok dapat menawarkan cara untuk terhubung dengan orang lain melalui pengalaman yang serupa.

Beberapa jenis terapi yang digunakan dalam pengobatan PTSD meliputi:

  1. Terapi kognitif. Terapi ini membantu mengenali cara berpikir (pola kognitif) yang membuat terjebak, misalnya; cara-cara negatif atau tidak akurat memahami situasi normal. Dalam pengobatan PTSD, terapi kognitif sering digunakan bersama dengan terapi perilaku disebut terapi eksposur.
  2. Terapi Eksposur. Teknik terapi perilaku yang membantu pasien aman menghadapi hal yang sangat menakutkan yang ditemui sehingga pasien dapat belajar untuk mengatasi secara efektif.
  3. Eye Movement Desensitization and Reprocessing (EMDR). Jenis terapi yang menggabungkan terapi paparan dengan serangkaian gerakan mata yang dipandu untuk membantu memproses kenangan traumatis

Dukungan dari keluarga dan teman-teman yang mau mendengarkan serta menawarkan kenyamanan sangat membantu mengatasi gejala trauma. Beberapa orang mungkin juga merasa terbantu untuk beralih ke komunitas rohani atau penasihat spiritual. Hal itu juga dapat mencegah untuk mengatasi masalah dengan cara tidak sehat, seperti penggunaan alkohol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *