Pengobatan ORAL TRUSH / CANDIDIATIS MULUT

Tujuan dari setiap pengobatan oral trush adalah untuk menghentikan penyebaran cepat dari jamur, tetapi pendekatan terbaik mungkin tergantung pada usia pasien, kesehatan pasien secara keseluruhan dan penyebab infeksi.

Untuk bayi dan ibu menyusui

Jika seseorang menyusui bayi yang memiliki oral trush, sebaiknya ibu dan bayi segera diobati. Selain harus segera diobati, tindakan lain yang biasa dilakukan, antara lain:

  • Dokter mungkin meresepkan obat antijamur ringan untuk bayi dan krim antijamur untuk payudara ibu.
  • Jika bayi menggunakan empeng atau dot, bilas puting dan dot secara rutin setiap hari dalam larutan cuka dan air dan keringkan untuk mencegah pertumbuhan jamur.
  • Jika ibu menggunakan pompa payudara, bilaslah dalam larutan cuka dan air.

Untuk dewasa sehat dan anak-anak

Orang dewasa atau anak yang memiliki oral trush tetapi sehat dapat mencoba salah satu dari cara dibawah ini:

  • Makan yoghurt tanpa gula
  • Mengonsumsi kapsul acidophilus atau acidophilus cair

Yogurt dan acidophilus tidak menghancurkan jamur, tetapi keduanya dapat membantu mengembalikan flora bakteri normal dalam tubuh. Jika infeksi belum sembuh, maka dokter akan meresepkan obat antijamur.

Untuk dewasa dengan sistem kekebalan yang lemah

Seringkali dokter akan memberikan resep, antara lain:

a. Obat antijamur

Obat ini terdapat dalam beberapa bentuk, termasuk permen, tablet atau cairan yang dikumurkan di dalam mulut dan kemudian ditelan.

b. Amfoterisin B

Candida albicans dapat menjadi resisten terhadap obat antijamur, terutama pada orang dengan stadium akhir infeksi HIV. Obat ini dapat digunakan ketika obat lainnya tidak efektif.

Beberapa obat antijamur dapat menyebabkan kerusakan hati. Untuk alasan ini, dokter mungkin akan melakukan tes darah untuk memantau fungsi hati pasien, terutama jika pasien memerlukan pengobatan jangka panjang atau memiliki riwayat penyakit hati.

Artikel Lain Tentang Penyakit , :

Pembaca Artikel di Atas Juga Membaca: