Pengobatan MYOCARDITIS

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Peredaran darah > Pengobatan MYOCARDITIS

Pengobatan myocarditis berfokus pada penyebabnya, seperti infeksi tertentu yang mungkin telah menyebabkan peradangan jantung. Coxsackievirus B merupakan tipe virus paling umum yang menyebabkan myocarditis. Telah ada pengobatan myocarditis khusus selain menghilangkan rasa sakit dan gejala lainnya.

Pengobatan pada kasus ringan

Untuk membantu tubuh melawan infeksi yang menyebabkan myocarditis, dokter mungkin meresepkan obat dan memberitahu pasien untuk beristirahat hingga jantungnya sudah mulai pulih. Jika penyebab infeksi adalah bakteri, maka akan diresepkan antibiotik.

Untuk menekan sistem kekebalan tubuh, virus jenis langka tertentu, seperti giant cell and eosinophilic myocarditis, merespon pemberian kortikosteroid atau obat lain.

Perawatan akan diarahkan pada penyakit yang mendasari jika kondisi ini disebabkan oleh penyakit kronis seperti lupus. Menghindari rokok, alkohol dan olahraga berat dan membatasi jumlah garam dalam diet dapat juga disarankan pada pasien.

Pengobatan untuk membantu kerja jantung

Seseorang mungkin dirawat di rumah sakit jika mengalami gejala, seperti detak jantung terlalu cepat atau tidak teratur. Untuk mengatur detak jantung, pasien dapat mengonsumsi obat tertentu.

Obat yang diresepkan untuk mengurangi beban kerja jantung, dapat membantu pasien menghilangkan kelebihan cairan, atau memperkuat kemampuan memompa jantung dalam kasus denyut jantung lemah.

Obat-obatan tersebut, antara lain:

  • Digoxin, yang dapat meningkatkan kekuatan kontraksi otot jantung dan cenderung untuk memperlambat detak jantung
  • Beta blockers, seperti carvedilol dan metoprolol, yang bekerja dalam berbagai cara untuk mengobati gagal jantung dan membantu mengendalikan irama jantung yang tidak teratur atau cepat
  • Angiotensin converting enzyme (ACE) inhibitor, seperti lisinopril, ramipril, enalapril dan captopril, yang merelaksasi pembuluh darah di jantung dan membantu aliran darah lebih mudah
  • Diuretik, seperti furosemid, yang dapat meringankan retensi cairan dan natrium

Pengobatan pada kasus berat

Beberapa pengobatan berikut ini dapat digunakan untuk mengobati myocarditis yang parah:

Beberapa orang membutuhkan obat-obatan hanya beberapa bulan dan kemudian sembuh sepenuhnya. Sedangkan yang lain mungkin memiliki kerusakan kronis dan permanen pada otot jantung yang memerlukan obat seumur hidup. Sulit bagi dokter untuk memprediksi berapa lama pasien mebutuhkan obat-obatan, karena hal ini merupakan variabilitas dalam penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *