Pengertian Penyakit Kanker Prostat, Gejala dan Pencegahan

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Ekskretoris > Pengertian Penyakit Kanker Prostat, Gejala dan Pencegahan

Pengertian Penyakit Kanker Prostat Gejala dan Pencegahan. Penyakit kanker prostat adalah penyakit yang dialami oleh pria, dimana terdapat kanker yang berkembang di prostat tersebut. Untuk mengetahui apa sebenarnya penyakikt kanker prostat, sebaiknya kita simak dulu pengertian dari prostat terlebih dahulu.
Pengertian Prostat

Prostat adalah kelenjar eksokrin pada sistem reproduksi pria yang berfungsi untuk mengeluarkan dan menyimpan sejenis cairan yang menjadi dua pertiga bagian dari air mani. Jenis Prostat berbeda-beda dari satu spesies ke spesies lainnya dalam hal anatomi, kimia dan fisiologi.
Biasanya pria yang berusia di atas 50 tahun mengalami gejala pembesaran prostat. Pembesaran terjadi di bagian tengah dari kelenjar prostat yang mengelilingi saluran kencing (uretra). Jika pembesaran pada kelenjar prostat yang berkelanjutan dapat mengarah ke tahap yang lebih serius, hal ini bisa memicu terjadinya kanker prostat.

Pengertian Kanker Prostat


Penyakit Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil,disfungsi ereksi dan gejala lainnya. Pada penderita ditemukan rasio plasma vitamin B12 yang sangat rendah.
kanker prostat
prostat foto : wikipedia
Dibawah ini adalah faktor risiko terjadinya kanker prostat :
1. Faktor Usia 
2. Faktor Ras
3. Riwayat Keluarga (faktor keturunan),
4. Faktor Hormon, dan
5. Faktor Pola makan
Risiko menderita kanker prostat ditemukan meningkat pada pria kulit putih dengan usia > 50 tahun atau pria kulit hitam dengan usia > 40 tahun. Etnis kulit hitam memiliki risiko kanker prostat 1.6x lebih tinggi daripada pria kulit putih.
Pria yang memiliki keluarga laki-laki penderita kanker prostat (saudara, ayah, kakek) memiliki risiko yang lebih tinggi menderita penyakit tersebut dibandingkan dengan pria yang tidak punya riwayat keluarga. Faktor lainnya yang diduga dapat menyebabkan kanker prostat adalah perubahan hormon testosteron dan pola makan yang terlalu banyak mengkonsumsi lemak. Menurut penelitian lainnya, agen kimia seperti Cadmium juga ditemukan pada perkembangan kanker prostat.
Pencegahan dan Pengobatan


Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker prostat
1. Menjaga kesehatan
2. Menjaga berat badan tubuh
3. Banyak minum air
4. Mengurangi Depresi
5. Olahraga teratur
6. Kurangi konsumsi alkohol, daging, serta lemak.
Ada beberapa pemilihan metode pengobatan yang dapat dilakukan oleh dokter untuk mengatasi kanker prostat. Di antaranya adalah kemoterapiradiasi, terapi hormon,operasi, dan transurethral resection of the prostate (TURP, digunakan pada tahap awal penyakit untuk membuang jaringan yang menghalangi saluran kemih). Pemilihan jenis pengobatan berbeda-beda antara satu pasien dengan pasien lainnya karena sangat dipengaruhi oleh usia, kondisi kesehatan secara umum, perkembangan kanker, manfaat dan efek samping terapi. Terapi hormon digunakan untuk mencegah tubuh memproduksi hormon testosteron yang dapat merangsang perkembangan sel kanker. Sedangkan, kemoterapi umumnya digunakan pada kasus kanker prostat yang telah menyebar ke bagian tubuh lain sehingga harus dicegah perkembangannya dengan menggunakan bahan kimia.
Pencegahaan Prostat Dengan Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW

Rasulullah pernah mengatakan bahwa jika membuang air kecil, lakukan dengan cara duduk. Dan menurut hasil penelitian buang air kecil dengan cara duduk dapat mencegah terjadinya kanker prostat. Jadi bagi anda yang masih muda, biasakanlah buang air kecil dengan cara duduk.
Semoga bermanfaat.
Sumber bacaan :
Prostat dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Prostat diakses pada tanggal 10 Mei 2014

Kanker Prostat dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Kanker_prostat diakses pada tanggal 10 Mei 2014

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *