Pencegahan Penyakit TINEA CAPITIS

Kurap sulit untuk dicegah karena jamur yang menyebabkan penyakit ini ialah jamur yang umum ditemukan dan sangat menular. Namun, risiko kurap dapat dikurangi dengan sejumlah langkah berikut:
  • Didiklah diri sendiri dan orang lain. Sadar akan risiko kurap dari orang yang terinfeksi atau hewan peliharaan. Beritahu anak tentang apa itu kurap, apa yang harus diperhatikan dan bagaimana untuk menghindari infeksi.
  • Keramas secara teratur. Pastikan untuk mencuci kulit kepala anak secara teratur, terutama setelah memotong rambut.
  • Jaga kebersihan. Pastikan anak sering mencuci tangannya untuk menghindari penyebaran infeksi. Jaga area umum atau bersama agar tetap bersih, terutama di sekolah-sekolah, pusat penitipan anak, pusat kebugaran dan kamar ganti.
  • Hindari hewan yang terinfeksi. Infeksi sering terlihat seperti bagian kulit yang bulunya hilang. Dalam beberapa kasus, kita mungkin tidak melihat adanya tanda-tanda penyakit. Mintalah dokter hewan untuk memeriksa hewan peliharaan Anda dan hewan lain dari kurap.
  • Jangan berbagi barang pribadi. Ajarkan anak untuk tidak membiarkan orang lain menggunakan pakaian mereka, handuk, sisir atau barang pribadi lainnya, atau untuk meminjam barang-barang tersebut dari anak-anak lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *