Pada Wanita, Konsumsi Mie Instan Berlebihan Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Info > Pada Wanita, Konsumsi Mie Instan Berlebihan Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes

mie-instan

Mie instan selain harganya murah, juga mudah dan praktis untuk dibuat sehingga dipilih untuk mengisi perut, saat dalam keadaan “darurat”. Mie instan ini biasanya dikonsumsi oleh para pekerja yang terlalu sibuk jika harus menyiapkan makanan berat yang lengkap. Tapi sebaiknya mulai saat ini kita harus berhati-hati saat mengonsumsinya, mengapa?

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard dan diterbitkan dalam jurnal Nutrisi, menemukan temuan bahwa wanita yang makan mie instan setidaknya 2 kali seminggu, 68 persen lebih berpeluang untuk memiliki sindrom metabolik, seperti yang dikutip dari The New York Times.

Sindrom metabolik merupakan kumpulan faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit jantung dan diabetes, termasuk juga obesitas, hipertensi, kolesterol dan gula darah yang tinggi.

Pada pria, temuan itu belum jelas, kemungkinan disebabkan karena wanita lebih sering diet atau mungkin juga karena wanita yang menopause akan lebih sensitif terhadap efek natrium, karbohidrat, dan lemah jenuh, kata Dr Frank B. Hu, Professor ahli nutrisi dan epidemiologi dari Universitas Hardvard.

Studi ini dilakukan dengan melibatkan 10.711 orang dewasa di Korea Selatan di mana negara itu merupakan negara dengan tingkat konsumsi mie instan tertinggi di dunia.

Lebih lanjut dikatakan oleh Dr Hu bahwa mengonsumsi mie instan 2 kali sebulan masih aman dan tidak apa-apa, tapi lebih dari itu bisa berakibat buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *