Operasi LASIK Untuk Menyembuhkan MATA RABUN

Sering kita dengar operasi lasik bisa menyembuhkan keluhan mata seperti rabun dekat dan rabun jauh, tapi belum tahu apa sebenarnya operasi lasik itu??

LASIK yang merupakan singkatan dari Laser Assited in-situ Keratomileuis) merupakan suatu tindakan medis dengan prosedur koreksi penglihatan terkini menggunakan teknologi laser excimer (laser dingin) untuk mengoreksi pandangan mata penderita rabun dekat (myopia), rabun jauh (hypermetropia), silindris (astigmatisme), dan mata tua (presbyopia). Laser dingin tadi digunakan untuk merubah bentuk dari kornea (selaput bening) pada mata sehingga pasien dapat melihat dengan baik.

Operasi lasik biasanya memakan waktu sekitar 20 menit dengan tanpa rasa sakit yang berarti. Operasi ini diklaim sangat aman dan memberikan tingkat penyembuhan yang relatif singkat. Pasien biasanya bisa kembali melihat dengan baik setelah 12 jam paska operasi. Pasien operasi lasik biasanya berusia 18-20 tahun atau telah memiliki ukuran lensa kacamata yang stabil selama 12 bulan terakhir. Untuk operasi lasik syarat pasien harus dalam kondisi tidak sedang hamil, memiliki kornea mata yang sehat, retina sehat, dan bebas dari katarak dan glaukoma. Selain itu badan pasien juga harus sehat dan bagi mereka yang menggunakan lensa kontak, maka setidaknya 2 minggu sebelum operasi, lensa kontak tersebut harus sudah dilepaskan.

Untuk efek samping dari operasi ini sangat kecil dan biasanya hanya bersifat sementara seperti mata kering, gatal, silau dengan cahaya, pandangan ganda, terlihat halo, glare dan sebagainya. Tapi seiring dengan berjalannya waktu penyembuhan, keluhan-keluhan itu akan berkurang dan hilang dengan sendirinya.

Harga operasi lasik relatif mahal, satu mata biayanya sekitar 10 juta, dan kalau sepasang berarti 20 juta. Lasik hanyalah satu dari sekian metode yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan kembali penglihatan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *