Masalah Mata yang Sering Terjadi Pada Anak dan Bahayanya

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Mata > Masalah Mata yang Sering Terjadi Pada Anak dan Bahayanya

Mata yang buruk menyebabkan kesulitan dalam menjalani aktifitas sehari-hari, termasuk pada anak-anak. Mata yang buruk akan mempengaruhi prestasi belajar dan juga masa depannya. Jika tidak diobati, kelainan atau kerusakan mata menyebabkan perkembangan anak terhambat.

Dikutip dari medicalxpress, Sabtu, (29/07/2017), Banyak masalah mata pada anak berhasil disembuhkan jika didetekasi dan diatasi sejak dini, hal itu diungkapkan oleh Hugh Parry, presiden dan CEO Prevent Blindless, suatu organisasi non-profit tentang kesehatan mata di Amerika.

Masalah mata ditemukan pada 1 dari 20 anak usia prasekolah dan seperempatnya ditemukan pada usia sekolah. Jika anak menunjukkan adanya masalah pada mata, segera hubungi dokter mata, karena anak biasanya tidak mengeluh tentang pengelihatannya, jadi orang tua dituntut harus proaktif. Banyak penyakit mata pada anak yang ditemukan seperti myopia dan hyperopia. Selain itu banyak juga yang mengalami masalah mata lainnya seperti:

Amblyopia (mata malas)

Penyakit mata ini banyak ditemukan apda anak. Pada penyakit ini satu mata lebih kuat dari mata yang lain. Ini menyebabkan otak mengabaikan citra dari mata yang lebih lemah. Jika tidak diobati, mata yang lemah bisa hilang pengelihatannya. Sekira 2 persen dari anak usia 6 bulan sampai 6 tahun memiliki amblyopia.

Strabismus (juling)

Strabisus umumnya disebabkan otot mata yang tidak sejajar dan bekerja sama dengan baik. Jika tidak diobati, gangguan ini bisa menyebabkan amblyopia dan berisiko mengalami kehilangan pengelihatan.

Astigmatisme

Masalah ini terjadi akibat kornea atau lensa mata bentuknya tidak sempurna. Jika tidak diobati, menyebabkan pengelihatan menjadi kabur, walaupun pada jarak dekat. Setidaknya 28 persen anak usia 5 sampai 17 tahun mengalami astigmatisme. Kondisi astigmatisme sering dijumpai pada anak yang mengalami rabun dekat dan rabun jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *