Manfaat dan Risiko Konsumsi Kacang Tanah Pada Penderita Diabetes Tipe 2

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Ekskresi > Manfaat dan Risiko Konsumsi Kacang Tanah Pada Penderita Diabetes Tipe 2

Kacang tanah dengan banyak kandungan nutrisi di dalamnya memberikan manfaat sekaligus risiko bagi penderita diabetes tipe 2. Sebelum kita sampai pada pembahasan mengenai resikonya, terlebih dahulu kita akan mengulas manfaat kacang tanah bagi penderita diabetes tipe 2. Kacang akan memberikan manfaat kesehatan yang sama seperti kacang walnut dan kacang almond. Kacang kacang tanah relatif lebih terjangkau harganya.

Kacang tanah membantu mengurangi berat badan, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, mengontrol kadar gula dalam darah, dan mencegah perkembangan diabetes.

Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi kacang tanah:

Kacang tanah membantu mengendalikan kadar gula darah

Penderita diabetes harus mempertimbangkan tingkat indeks glikemik pada makanan yang dimakan. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah. Air yang mana tidak berefek pada peningkatan kadar gula darah mempunyai indeks glikemik 0 (nol), kacang tanah memiliki indeks glikemik 13 yang mana itu termasuk rendah.

Mengacu pada artikel yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition mengkonsumsi selai kacang dipagi hari akan membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh selama sehari. Kacang tanah dapat membantu mengendalikan kadar gula darah karena di dalamnya terkandung banyak magnesium. Dalam satu porsi kacang tanah (28 kacang) mengandung 12% jumlah magnesium yang direkomendasikan dalam satu hari dan menurut laporan dari journal of internal medicine, magnesium dapat membantu memelihara kadar gula darah.

Kacang tanah akan menurunkan resiko penyakit kardiovaskular

Menurut penelitian dalam Journal of the American College of Nutrition menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang tanah akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular yaitu suatu penyakit komplikasi yang umumnya disebabkan oleh diabetes. Menambahkan kacang tanah ke dalam makanan akan membantu menurunkan tekanan darah yang merupakan salah satu bentuk komplikasi dari diabetes.

Kacang tanah akan membantu mengendalikan berat badan

Kacang tanah akan membantu Anda agar kenyang lebih lama sehingga dapat membantu memelihara berat badan dan membantu mengendalikan kadar gula darah. Kacang tanah akan menurunkan risiko diabetes secara keseluruhan. Mengkonsumsi selai kacang akan menurunkan risiko berkembangnya diabetes tipe 2 mengacu pada penelitian dari Journal of American Medical Association. Kacang tanah tinggi kandungan lemak tak jenuhnya dan memiliki banyak kandungan nutrisi lainnya yang mampu membuat tubuh untuk memiliki kemampuan mengatur insulin.

Risiko

Berikut ini adalah resiko kacang tanah bagi penderita diabetes tipe 2. Selain memiliki banyak manfaat ada beberapa hal yang harus menjadi bahan pertimbangan Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Asam lemak Omega 6

Kacang tanah mengandung banyak asam lemak Omega 6 daripada kacang lainnya itu dibuktikan dengan banyaknya penelitian bahwa Omega 6 kemungkinan berhubungan dengan peningkatan terjadinya peradangan yang mana akan meningkatkan gejala diabetes dan risiko obesitas jadi pastikan menyeimbangkan antara lemak omega 3 dan omega 6 pada makanan Anda.

Garam dan gula

Produk olahan kacang tanah sering ditambahkan bahan tambahan berupa garam dan gula yang mana kedua substansi itu harus dibatasi oleh penderita diabetes. Selai kacang tanah dapat memiliki kandungan tambahan seperti lemak, minyak, dan gula. Pilihlah selai kacang tanah yang tidak mengandung kandungan yang bisa memperburuk kondisi diabetes Anda.

Selai kacang tanah

Alergi

Kacang tanah pada beberapa orang dapat menyebabkan reaksi alergi yang serius jadi pastikan ketika Anda ingin mengkonsumsi kacang tanah Anda tidak memiliki alergi terhadapnya.

Kalori

Kacang tanah memiliki kadar kalori yang relatif tinggi menurut USDA nutrition database, dalam satu setengah cup kacang tanah mengandung lebih dari 400 kalori. Untuk mengurangi jumlah asupan kalori cobalah untuk mengkonsumsi kacang tanah sebagai bahan pengganti dan bukan sebagai makanan tambahan pada makanan olahan seperti daging merah dan olahan gandum.

Bagaimana cara untuk mengkonsumsi kacang tanah yang baik?

Cara yang terbaik adalah dengan memakannya secara alami tanpa bahan tambahan seperti garam dan gula. Pada artikel yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa mengkonsumsi selai kacang pada makan pagi akan menurunkan nafsu makan dan membantu mengendalikan kadar gula selama sehari.

Alternatif

 

Kacang lain

Jika Anda alergi dengan kacang tanah mungkin Anda bisa mencoba alternatif lainnya seperti kacang walnut dan kacang almond yang memiliki kandungan nutrisi yang mirip pada kacang tanah dan memberikan manfaat bagi penderita diabetes tipe 2.

Kacang walnut (kacang kenari)

Kacang almond

Biji-bijian

Jika Anda tidak menyukai atau alergi dengan selai kacang tanah, mungkin Anda bisa mencoba alternatif lainnya seperti selai dari biji bunga matahari yang merupakan sumber protein yang sangat baik dan mengandung magnesium dua kali lebih banyak dari selai kacang tanah.

Selai biji bunga matahari

Lebih dari 16 juta orang di Amerika Serikat menderita diabetes tipe 2 yang mana dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit kardiovaskular, kebutaan, dan gagal ginjal. Memperhatikan konsumsi makanan harian merupakan bagian yang sangat penting untuk mencegah dan mengendalikan penyakit ini.

Penelitian menunjukkan walaupun harganya lebih murah dari kacang walnut dan kacang almond, kacang tanah memberikan manfaat yang sama besarnya dengan kedua kacang yang harganya lebih mahal tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *