Macam-macam Gangguan Tidur yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Uncategorized > Macam-macam Gangguan Tidur yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Berikut adalah beberapa masalah gangguan tidur yang sering terjadi:

  • Berhentinya pernapasan yang berulang-ulang selama tidur (sleep apnea): Orang dengan masalah ini biasanya mendengkur dan sesaat berhenti bernapas, lalu bernapas lagi dengan mendadak. Sleep Apnea dapat terjadi bila saluran udara bagian atas tertutup karena mengendurnya jaringan langit-langit lunak atau karena membesarnya adenoid atau oleh polip hidung. Apabila Anda mengalami gejala ini, sebaiknya pergilah ke dokter. Mengurangi berat badan, tidur tengkurap atau miring, menghindari minum alkohol sebelum tidur mungkin bisa menolong, juga menggunakan obat pelega hidung (dekongestan), tetapi hanya dengan petunjuk dokter.
  • Kertak gigi selama tidur (bruxism) ada kemungkinan berkaitan dengan stres. Periksakan gigi pada dokter gigi kalau-kalau gigitan Anda perlu penyesuaian dan bisakah ia memberikan plastik pelindung untuk mencegah kerusakan lebih jauh. Usahakan untuk menangani sumber stres dengan mempelajari teknik-teknik relaksasi.
  • Rasa mengantuk berlebihan dapat dikendalikan dengan banyak tidur malam hari, melakukan tidur siang dan makan hidangan ringan atau makanan vegetarian, terutama sebelum melakukan suatu kegiatan penting. Pilih minuman berkafein (kopi, teh, dan jenis cola) untuk membuat Anda tidak mengantuk. Bila masih membutuhkan pertolongan, dokter mungkin bisa meresepkan obat perangsang setelah melakukan pengujian yang diperlukan.
  • Kaki gelisah, dorongan tak tertahankan untuk menggerak-gerakkan kedua kaki, tak lama setelah tidur atau sepanjang malam, hingga mengganggu tidur Anda. Stres bisa memperburuk keadaan. Bangun dan berjalanlah berkeliling. Cobalah teknik-teknik relaksasi otot dan mandi air hangat sebelum tidur. Kalau keadaan Anda cukup parah, sebaiknya pergilah ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *