Lipatan Nasolabial Semakin Jelas? Berikut ini Penyebab, Perawatan, dan Pencegahannya

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Kulit > Lipatan Nasolabial Semakin Jelas? Berikut ini Penyebab, Perawatan, dan Pencegahannya

Apa itu nasolabial folds (lipatan nasolabial)?

Lipatan nasolabial merupakan suatu garis lekukan yang terdapat pada kedua sisi mulut yang membentang dari ujung hidung sampai sudut luar mulut. Biasanya garis ini lebih terlihat saat sesorang sedang tersenyum.

Lipatan ini akan semakin jelas seiring dengan bertambahnya usia, bahkan akan terlihat mengeriput di samping garis nasolabial tersebut. Lipatan atau garis nasolabial ini sering disebut juga dengan garis senyum atau garis tertawa.

Pada bayi yang baru lahir dan orang yang mengalami kelumpuhan pada wajah, garis ini tidak begitu tampak. Lipatan nasolabial ini terdiri dari jaringan fibrosa dan otot yang padat yang cenderung semakin terlihat jelas ketika usia seseorang itu bertambah. Karena kulit yang semakin mengendur, lipatan nasolabial menjadi lebih terlihat. Selain itu jika seseorang terlalu kurus, lipatan ini juga lebih terlihat.

Penyebab

Lipatan nasolabial ini umum dijumpai pada banyak orang dan merupakan sesuatu yang normal, bukan sebagai tanda dari kondisi medis tertentu. Bertambahnya usia menyebabkan lipatan ini menjadi lebih dalam dan terlihat jelas bahkan akan tampak melorot ke bawah. Ada yang lipatannya meluas hingga dagu yang disebut sebagai garis marionette. Ada beberapa hal yang menyebabkan lipatan nasolabial ini menjadi lebih terlihat jelas seperti:

  • Paparan sinar matahari yang merusak kulit menyebabkan keriput dan perubahan tekstur kulit;
  • Kulit manusia kehilangan kolagen seiring dengan bertambahnya usia, menyebabkan kulit terlihat lemas dan kurus;
  • Hilangnya lemak yang bisa membuat pipi dan daerah di sekitarnya tampak mengendur.

Jika tersenyum bisa membuat lipatan nasolabial menjali lebih jelas, cemberut juga bisa menyebabkan munculnya garis lain seperti garis di sekitar alis.

Faktor lain yang bisa membuat munculnya garis-garis di wajah seperti penuaan umumnya disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  • Merokok;
  • Paparan polutan lingkungan;
  • Penurunan berat badan yang cepat atau sering terjadi penurunan dan kenaikan berat badan.

Perawatan

Lipatan pada wajah seperti nasolabial merupakan masalah estetika atau kosmetik yang tidak mencerminkan kondisi kesehatan apapun sehingga tidak diperlukan perawatan. Namun pada beberapa orang, lipatan ini dirasa mengurangi estetika sehingga mereka ingin menghilangkannya. Beberapa tindakan kosmetika dapat ditempuh antara lain:

Pengisian dermal

Pengisian dermal (dermal fillers) merupakan penempatan implan yang diletakkan di bawah (di dalam) kulit. Implan ini bisa menumbuhkan kulit dan mengurangi munculnya keriput.

Dokter akan menggunakan prosedur kosmetika ini tepat di bawah kulit di daerah lipatan nasolabial atau pada daerah pipi bagian atas untuk memberikan tumpuan pada pipi sehingga lipatan nasolabial tersebut menjadi tidak begitu terlihat. Hal ini hanya dapat dilakukan oleh dokter kulit.

Implan ini tidak bisa membuat lipatan nasolabial menjadi hilang namun membuatnya lebih tersamarkan. Selain itu dengan melakukan prosedur pengisian implan ini, kulit di sekitarnya menjadi terlihat lebih kencang dan lebih muda.

Dokter juga dapat menyuntikkan lemak ke daerah lipatan nasolabial untuk menyamarkannya. Lemak diambil dari daerah kulit lain pada tubuh kemudian disuntikkan untuk mengisi daerah di lipatan tersebut. Suntik lemak ini mirip dengan pengisian dermal.

Pelepasan Kulit

Prosedur pelepasan kulit bisa ditempuh untuk membantu kulit di sekitar lipatan nasolabial agar terlihat lebih muda. Dengan menggunakan metode laser skin resurfacing, bekasluka dan bintik-bintik penuan menjali hampir tak terlihat bahkan hilang.

Metode microdermabrasion bisa dilakukan untuk membuat kulit menjadi lebih tebal dan muda. Metode perawatan ini membantu menyeimbangkan tampilan lipatan nasolabial namun tidak menghilangkannya.

Pembedahan

Dokter bisa menggunakan prosedur bedah kulit untuk mengurangi lipatan nasolabial. Prosedur ini dikenal sebagai subcision. Biasanya prosedur ini ditempuh untuk mengobati bekas luka dan bekas jerawat namun juga bisa diterapkan pada lipatan nasolabial. Selama pembedahan, dokter menggunakan jarum untuk memecah kantung jaringan yang dapat membantu mengembalikan daerah di sekitar lipatan menjadi normal kembali dengan mengurangi kedalaman lipatan. Pembedahan ini juga membuat kulit di sekitarnya menjadi terlihat lebih muda.

Selain itu ada juga metode eksisi yakni melepas kulit yang terdampak lipatan nasolabial kemudian mencoba membentuk kembali area di sekitarnya. Metode ini membutuhkan penggunaan pisau bedah namun hasilnya lebih baik.

Perawatan Eksperimental

Dunia kedokteran khususnya kulit terus mencoba berbagai terobosan baru untuk mengatasi lipatan nasolabial ini tanpa operasi. Salah satunya dengan penggunaan zat kimia yang dapat merangsang pertumbuhan sel. Pada tahun 2015 dilakukan suatu penelitian terhadap 80 orang yang memiliki lipatan nasolabial sangat jelas yang diberikan terapi menggunakan zat kimia ini. Peneliti berkesimpulan bahwa perawatan tersebut merupakan pilihan yang aman dan efektif.

Penting:

Pastikan semua prosedur kosmetika di atas dilakukan oleh dokter kulit maupun tenaga professional bersertifikasi lainnya.

Munculnya lipatan nasolabial tidak berati membuat seseorang untuk berhenti untuk tertawa dan tersenyum. Tertawa dan tersenyum mempunyai efek positif terhadap kesehatan mental seseorang. Untuk mengurangi lipatan nasolabial ini seseorang bisa melakukan senam atau latihan wajah. Fungsinya untuk memperkuat otot yang berada di sekitarnya. memang belum ada penelitian mengenai keefektifan dari senam wajah ini, namun bisa dilakukan kerena tidak membahayakan. Siapa saja bisa mencobanya. Berikut cara melakukannya:

  1. Kerutkan bibir ke atas seperti akan mencium langit-langit, tahan sekira 15 detik dan ulangi 4-5 kali;
  2. Kerutkan bibir menjadi eksperi cemberut, kemudian tarik ujung mulut keluar, tahan sekira 15 detik dan ulangi 4-5 kali;
  3. Dengan mulut sedikit terbuka, tarik sudut mulut dengan telunjuk menjauh ke arah luar. Tahan sekira 2-3 detik dan ulangi 25-50 kali.

Latihan ini bisa dilakukan setiap hari.

Pencegahan

Tidak ada metode apapun yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya lipatan nasolabial ini, bahkan anak-anak yang kulitnya masih sangat muda juga memiliki lipatan ini. Untuk membuatnya tidak semakin jelas, Anda bisa menggunakan tabir surya untuk melindungi wajah dari paparan sinar ultraviolet matahari.


Sumber:

Causes and treatments for nasolabial folds. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320825.php. Diakses 07 Februari 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *