Lakukan 9 Hal Ini Untuk Mencegah Migrain

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penatalaksanaan > Lakukan 9 Hal Ini Untuk Mencegah Migrain

Lakukan 9 Hal Ini Untuk Mencegah MigrainTimbulnya sakit kepala sebelah atau migrain pada saat-saat tertentu sangat mengganggu aktivitas. Kadang migrain menimbulkan sakit yang sangat luar biasa, sehingga untuk melakukan aktivitas apapun sudah tidak bisa. Namun kita dapat melakukan beberapa pencegahan sebelum timbulnya migrain.

Dibawah ini adalah 9 hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah timbulnya migrain, seperti yang dilansir healtdetik :

Baca Juga : Pengertian Migrain Penyebab Gejalan dan Pencegahan

1. Hindari Kebisingan dan Sinar Cahaya lampulu Yang Terlalu Terang


Suara keras, lampulu berkedip dan cahaya yang terlalu terang adalah pemicu umum migrain. Cegah migrin dengan mematikan layar TV atau komputer lebih awal untuk mengistirahatkan mata Anda. Atur tingkat kecerahan layar agar tidak terlalu mencolok mata dan menyebabkan migrain. Hindari gangguan visual dan audio sebanyak mungkin untuk mencegah datangnya migrain.
2. Kurangi Makanan Ini

Hindari makanan yang mengandung zat aditif atau kurangi jumlah konsumsinya yang dapat memicu migrain. Beberapa makanan seperti cokelat, alkohol, daging olahan, pemanis dan keju dapat menyababkan sakit kepala. Makanan dan minuman yang mengandung kafein atau alkohol adalah pemicu migrain.
9 HAL MENCEGAH MIGRAIN3. Menulis Diary Untuk Mengetahui Penyebab Migrain

jika Anda sering mengalami migrain. Tulislah diary harian Anda untuk mengetahui penyebab pasti munculnya migrain. Dalam hal ini Anda bertindak sebagai peneliti diri sendiri. Ini bermanfaat untuk langkah awal mencegah migrain kedepannya.
4. Pada wanita Jaga Pola Makan dan Olahraga Teratur

Banyak wanita cenderung mengalami migrain selama menstruasi. Selama ini, wanita harus berhati-hati dengan pola makan dan kebiasaan olahraganya untuk mengurangi gejala migrain ketika menstruasi Kontrasepsi oral seperti pil KB juga dapat meningkatkan frekuensi dan tingkat keparahan migrain. Beberapa wanita beralih menggunakani pil KB karena menyebabkan efek sakit.
5. Gunakan Suplemen Pencegah Migrain

Salah satu hal yang baik untuk mencegah migrain adalah dengan mengkonsumsi suplemen herbal dan mineral tertentu pencegah migrain. Meskipun migrain bisa sembuh dengan atau tanpa pengobatan, tetapi sangat penting untuk memperoleh nutrisi yang tepat.
Kekurangan magnesium telah terbukti menyebabkan migrain, sehingga ambillah suplemen harian yang dapat membantu mencegah datangnya migrain. Konsultasikan penggunaan suplemen herbal dan obat non-resep lainnya untuk mencegah datangnya gejala migrain.

6. Perubahan Cuaca


Hindari beraktivitas di luar rumah jika cuaca sedang tidak nyaman agar tidak mendatangkan nyeri migraine. Perubahan cuaca dapat mempengaruhi pola migrain.
7. Tidur dan Makan Secara Teratur

Pastikan untuk makan secara teratur dan tepat waktu setiap harinya. Kelaparan dan dehidrasi adalah penyebab migrain yang umum. Selain itu, kurang tidur juga bisa memperburuk gejala migrain, jadi pastikan untuk tidur selama 8 jam setiap malam. Tetapi tidur yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan sakit kepala, jadi jangan mengganti jam tidur yang hilang dengan tertidur terlalu lama.
8. Hindari Stres

Dengan segera mengatasi stres akan membuat Anda terhindar dari migrain. Stres yang terlalu parah dapat memicu migrain. Teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga dapat membantu mengurangi tingkat stres, menenangkan tubuh dan pikiran serta secara tidak langsung dapat mencegah kemungkinan seseorang untuk menderita migrain.
9. Rutin berolahraga
Olahraga secara teratur merupakan bagian yang sangat penting dalam gaya hidup sehat. Pilihlah jenis olahraga yang dapat mengurangi stres tanpa terlalu banyak memberikan tekanan pada tubuh, seperti yoga dan aerobik ringan. Hindari Olahraga berat ketika migrain. 

Powered by Farmasi-id.com