Kelebihan Berat Badan Meningkatkan Risiko Terkena Gagal Jantung

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Obesitas > Kelebihan Berat Badan Meningkatkan Risiko Terkena Gagal Jantung

Berdasarkan penelitian terbaru, setiap kenaikan berat badan, akan mempengaruhi fungsi dan kinerja jantung. Berat badan yang terus naik menyebabkan resiko gagal jantung sebagai akibat dari berubahnya otot dan struktur jantung yang melemah akibat tekanan berat badan berlebih.

Penyakit gagal jantung bisa terjadi saat otot jantung melemah secara abnormal sehingga akibatnya jantung tidak mampu memompa darah dalam jumlah yang cukup ke seluruh tubuh.

Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) seperti yang dikutip dari medicalnewstoday, Sabtu (22/07/2017), setidaknya 5,7 juta orang di Amerika Serikat menderita gagal jantung. Mayoritas disebabkan oleh kelebihan berat badan atau biasa disebut sebagai obesitas. Berat badan yang berlebih menyebabkan otot jantung tertekan.

Penelitian tentang ini pernah dilakukan oleh Dr. Ian Neeland beserta tim dari University of Texas Southwestern Medical Center terhadap 1.262 orang. Dr Ian dan mengamati kesehatan jantung mereka dalam jangka waktu 7 tahun, Hasilnya ditemukan bahwa mereka yang mengalami kenaikan berat-badan secara berlebih, kondisi otot jantungnya menurun dan memburuk. Ditemukan kondisi penebalan dan pembesaran pada ventrikel jantung sebelah kiri yang merupakan tanda-tanda dari penyakit gagal jantung. Jantung mereka lemah dan kesulitan untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Itu bisa diperburuk lagi jika mereka memiliki kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol. Hal lain yang juga bisa memperburuk keadaan jantung yakni jika mereka memiliki riwayat penyakit hipertensi dan diabetes.

Oleh sebab itu pentingnya menjaga berat badan agar tetap ideal itu sangat penting untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *