Kebiasaan dan Penyakit Lain yang Bisa Menyebabkan Stroke

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Kepala > Kebiasaan dan Penyakit Lain yang Bisa Menyebabkan Stroke

Ada beberapa faktor kecenderungan risiko stroke yang tidak dapat dicegah. Fakta kecenderungan stroke lain yang dapat dikendalikan yaitu dengan obat-obatan dan mengubah gaya hidup. Karena beberapa faktor risiko stroke tidak selalu memperlihatkan gejala, boleh jadi Anda tidak mengetahui kalau Anda memiliki kecenderungan stroke.

Beberapa faktor risiko yang dapat dikendalikan antara lain

  • Tekanan darah tinggi: Sekitar 40% stroke disebabkan oleh tekanan darah tinggi (hipertensi), yang ditAndai dengan tekanan sistolik lebih dari 140 mm Hg dan tekanan diastolik lebih dari 90 mm Hg.
  • Merokok: Perokok mempunyai peluang 50% lebih besar mengalami stroke daripada bukan perokok.
  • Penyakit jantung: Selain aterosklerosis, penyakit jantung lain termasuk gagal jantung kongestif, pernah terkena serangan jantung, penyakit katup jantung akut atau penggantian katup dan fibrilasi atrium/serambi jantung (denyut jantung yang tidak teratur, dan sering kali cepat) membuat Anda punya kecenderungan besar terkena stroke.
  • Transien iskemik (TIA): Serangan transien iskemik hanya berlangsung beberapa menit dan hanya memperlihatkan gejala ringan. Yang pasti, sekitar 15 – 20% penderita stroke pernah sekali atau lebih mengalami serangan ini. Semakin sering seseorang mengalami serangan ini, makin besar kemungkinan ia kena serangan stroke.
  • Diabetes: Risiko stroke pada penderita diabetes (kencing manis) adalah dua kali lebih besar.
  • Tingkat kolesterol dalam darah yang berbahaya: Kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein), dalam darah meningkatkan risiko pengerasan pembuluh nadi (aterosklerosis). Sebaliknya, kadar kolesterol HDL (high-density lipoprotein) yang tinggi bersifat melindungi sebab HDL dapat mencegah terbentuknya plak di dalam pembuluh darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *