Kanker Pankreas, Konsumsi Makanan dan Pencegahannya

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Kanker & Tumor > Kanker Pankreas, Konsumsi Makanan dan Pencegahannya

Pankreas merupakan sebuah kelenjar kecil yang terletak di belakang perut sebelah kiri atas dan memiliki dua fungsi utama yaitu:

  • Pencernaan
    Pankreas mengandung sel eksokrin yang membantu kelenjar dan saluran yang menghasilkan enzim pankreas enzim ini bertugas untuk memecah makanan dan membantu fungsi pencernaan
  • Pengaturan gula darah
    Pankreas juga mengandung sel endokrin sel endokrin ini berfungsi untuk menghasilkan dan melepaskan hormon insulin serta glukagon ke dalam aliran darah insulin dan glukagon berfungsi untuk mengatur gula darah.

Kanker pankreas terjadi karena sel-sel di dalamnya tumbuh tak terkendali. Hal ini dapat terjadi pada salah satu bagian pankreas yaitu bisa terjadi di bagian kepala, bagian tengah atau leher pankreas maupun ekor. Kanker pankreas dapat terjadi pada sel endokrin maupun eksokrin keduanya memiliki tipe kanker yang berbeda baik gejala maupun perawatannya. Sebagian besar kanker yang terjadi pada pankreas adalah kanker eksokrin yang mana sekira 95% nya merupakan adenokarsinoma dan hanya sekira 5% dari semua jenis kanker yang ada pada pankreas merupakan kanker pada sel endokrin. Kanker yang menimpa sel ini dikenal juga sebagai kanker sel neuro endokrin.

Kanker pankreas dapat mempengaruhi pola dan nafsu makan

Pencernaan makanan

Karena pankreas bertugas untuk mengatur gula darah dan pencernaan makanan maka jika pankreas tidak menghasilkan cukup enzim untuk mencerna makanan maka proses pencernaan zat-zat makanan seperti lemak akan sulit dilakukan. Bila lemak tidak dicerna sepenuhnya maka Anda juga akan mengalami kesulitan dalam mencerna nutrisi-nutrisi lainnya yang terdapat pada makanan dan menyebabkan diare, kram perut, perut kembung dan perut bergas.

Penurunan berat badan

Gejala umum dari kanker pankreas adalah penurunan berat badan secara tidak normal itu terjadi karena kanker pada pankreas melepaskan sitokin ke dalam darah sebagai respon dari kekebalan tubuh alami sitokin ini kemudian menyebabkan penurunan nafsu makan dan membuat tubuh membakar kalori lebih cepat dan pada akhirnya akan menurunkan berat badan. Terjadinya penurunan berat badan biasanya juga diikuti dengan beberapa gejala seperti mual muntah dan sulit untuk makan. Kemungkinan tubuh juga tidak dapat menyerap kandungan kalori pada makanan secara menyeluruh sehingga menyebabkan berat badan turun.

Masalah pengaturan insulin dan kadar gula darah

Pankreas yang normal akan mengeluarkan insulin saat tubuh menghasilkan glukosa. Kadar glukosa pada tubuh dapat meningkat saat Anda mengkonsumsi makanan-makanan tertentu seperti makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Pankreas yang terkena kanker tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup untuk mengendalikan gula darah.

Apa saja yang bisa dimakan oleh penderita kanker pankreas?

Penderita kanker pankreas harus selektif dalam memilih makanan yang dapat dicerna dengan mudah. Makanan yang mengandung banyak nutrisi protein dan antioksidan merupakan jenis makanan yang dapat dipilih. Penderita kanker pankreas juga harus lebih banyak dan lebih sering meminum air putih.

Buah dan sayur-sayuran

The World Cancer Research Fund International menyarankan setidaknya untuk mengkonsumsi lima porsi sayur dan buah-buahan setiap harinya. Sayuran yang sudah dimasak akan lebih mudah dicerna daripada sayuran mentah. Buah-buahan seperti buah berry, citrus, sayuran berdaun hijau dan sayuran sayuran lain yang tinggi antioksidan dan serat serta fitokimia dapat menjadi pilihan berikut adalah beberapa contoh diantaranya:

  • Brokoli
  • Jeruk
  • Kol
  • Bayam
Makanan kaya protein

Makanan yang mengandung protein dalam jumlah besar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membantu memperbaiki sel dan jaringan pada pankreas. Telur mentega kacang tahu ikan dan unggas.

Pati dengan serat tinggi

karbohidrat kompleks yang kaya serat tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan jika dibandingkan dengan karbohidrat dalam bentuk yang sederhana. Selain itu karbohidrat kompleks dapat meningkatkan energi tubuh. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks:

  • Kentang
  • Kacang polong
  • Kacang-kacangan
  • Oatmeal
  • Biji gandum
  • Beras merah

Bahan makanan di atas juga mengandung cukup asam folat dan vitamin B yang juga penting untuk mengurangi risiko kanker pankreas.

Teh hijau

teh hijau mengandung polifenol yang memiliki sifat antikanker.

Lemak sehat

Lemak sehat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Lemak sehat berfungsi sebagai sumber energi dan membantu menjaga suhu tubuh agar tetap normal berikut adalah beberapa bahan makanan yang mengandung lemak sehat:

  • Minyak zaitun
  • Kacang-kacangan
  • Alpukat.

Karena kanker pankreas menghambat pankreas untuk menghasilkan insulin maka penderitanya juga berisiko untuk mengalami diabetes. Jika seseorang menderita kedua penyakit tersebut yakni kanker pankreas dan diabetes maka ia harus berhati-hati dalam memilih makanan agar kadar gula darah pada tubuhnya tetap rendah. Ia dapat memilih makanan dengan kadar gula yang rendah namun memiliki serat yang tinggi seperti buah-buahan sayur-sayuran dan kacang-kacangan. Hindari makanan olahan yang banyak mengandung lemak trans, lemak jenuh, dan gula.

Makanan apa saja yang harus dihindari oleh penderita kanker pankreas?

Memakan makanan yang sulit untuk dicerna akan memperburuk kanker pankreas. Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari:

  • Daging merah atau daging olahan
    Makanan jenis ini sangat sulit untuk dicerna bahkan sering disebut sebagai penyebab kanker.
  • Makanan berminyak dan berlemak
    Makan makanan yang digoreng dan berlemak tinggi juga bisa meningkatkan ketidaknyamanan sistem pencernaan seperti menyebabkan diare dan perut bergas.
  • Alkohol
    Mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko kanker pankreas dan memperburuk kondisinya.
  • Gula dan karbohidrat olahan
    Jika Anda sudah mengidap kanker pankreas, makanan jenis ini biasanya tidak memiliki nutrisi dan gizi sama sekali serta tidak memiliki kalori di sini juga sangat sulit untuk dicerna oleh penderita kanker pankreas.

Seseorang yang menjalani pembedahan karena kanker pankreas kemungkinan sebagian pankreas yang terkena kanker akan diangkat hal tersebut akan menyebabkan pankreas menghasilkan enzim pencernaan lebih sedikit.

Enzim pencernaan berfungsi untuk membantu sistem pencernaan dalam memecah protein dan lemak. Dokter akan meresepkan enzim dalam bentuk suplemen untuk penderitanya. Biasanya enzim tambahan tersebut dikonsumsi sebelum makan sehingga akan membuat proses pencernaan makanan menjadi lebih mudah.

Jika penderita mengalami penurunan berat badan secara signifikan maka dokter akan memberikan nutrisi yang tepat. Vitamin D diketahui memiliki khasiat anti karsinogenik sehingga bermanfaat bagi penderita kanker pankreas. Beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin D seperti ikan salmon ikan kod ikan herring dan sarden, sinar matahari pagi juga sumber vitamin D yang baik. Selain didapat dari makanan vitamin D dapat diperoleh dari mengkonsumsi suplemen. Penderita harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi suplemen apapun.

Bagaimana cara mencegah kanker pankreas

Tidak ada satupun cara yang benar-benar dapat menjamin untuk mampu mencegah terjadinya kanker pankreas. Namun menurut Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti buah dan sayuran berdaun hijau memiliki efek pencegahan terhadap kanker. Makanan yang tinggi kandungan serat juga dapat membantu mencegah pertumbuhan atau penyebaran kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *