Kadar TRIGLISERIDA Normal Pada Bayi, Anak, Dewasa, dan Lansia

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Info > Kadar TRIGLISERIDA Normal Pada Bayi, Anak, Dewasa, dan Lansia

Trigliserida / triglycerides merupakan senyawa asam lemak yang berasal dari karbohidrat yang disimpan dalam bentuk lemak hewani. Trigliserida ini menjadi penyebab utama ternjadinya penyumbatan arteri dibandingkan kolesterol.

Trigliserida merupakan jenis lemak yang dapat ditemukan dalam darah dan merupakan hasil uraian tubuh pada makanan yang mengandung lemak dan kolesterol yang telah dikonsumsi dan masuk ke tubuh serta juga dibentuk di hati. Kadar trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Asupan makanan yang mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan efek trigliserida di dalam tubuh seseorang. Jika kadar trigliserida meningkat, maka kadar kolesterol pun akan meningkat pula.

Berikut adalah kadar normal Trigliserida pada kelompok gender dan usia:

  • Bayi: 5 40 mg/dl
  • Anak: 10 – 135 mg/dl
  • Dewasa (muda): sampai dengan 150 mg/dl
  • Orang Tua dan Lansia (> 50 tahun): sampai dengan 190 mg/dl

Penurunan kadar trigliserida biasanya terjadi pada keadaan kekurangan protein, kongenital (kelainan sejak lahir), konsumsi Vit C, Metformin dan sebagainya. Sedangkan peningkatan kadar Trigliserida biasanya terjadi pada penderita hipertensi, sumbatan pembuluh darah otak, penderita diabetes melitus, diet tinggi karbohidrat, dan wanita hamil. Pil KB juga diketahui dapat menyebabkan terjadinya peningkatan kadar Trigliserida seperti estrogen.

Trigliserida dalam batas normal sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh. Asam lemak yang dimilikinya bermanfaat bagi metabolisme tubuh. Selain itu, trigliserida memberikan energi bagi tubuh, melindungi tulang, dan organ-organ penting lainnya dalam tubuh dari cedera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *