JENIS KANKER OTAK

Jika Anda didiagnosis kanker otak, maka dengan mencari informasi sebanyak mungkin tentang kanker otak dapat membantu Anda memutuskan pengobatan terbaik bagi Anda. Artikel ini dapat membantu Anda memahami pengetahuan dasar dari jenis kanker otak dan bagaimana perawatan yang dilakukan.

Bagaimana Kanker Otak Dimulai dan Penyebaran?

Tumor otak adalah massa dari sel-sel di otak Anda yang tidak normal. Ada dua kelompok umum tumor otak yaitu :

  • Tumor otak primer mulai di jaringan otak dan cenderung menetap di jaringan tersebut.
  • Tumor otak sekunder merupakan tumor yang lebih umum. Kanker ini dimulai di bagian tubuh lain dan menyebar ke otak. Kanker paru, payudar4, ginjal, usus, dan kulit merupakan salah satu kanker paling umum yang dapat menyebar ke otak.

Beberapa tumor otak mengandung kanker dan beberapa yang lainnya tidak, antara lain :

  • Tumor otak jinak tidak memiliki sel-sel kanker. Tumor ini tumbuh perlahan-lahan, seringnya dapat diangkat, dan jarang menyebar ke jaringan otak di sekitarnya. Namun, tumor ini dapat menyebabkan masalah jika tumor menekan daerah tertentu dari otak. Selain itu, tergantung letak tumor di otak, tumor ini dapat juga mengancam jiwa.
  • Tumor otak ganas memiliki sel kanker. Tingkat pertumbuhan bervariasi, tetapi sel-sel kanker dapat menyerang jaringan otak yang sehat di dekatnya. Tumor ganas jarang menyebar di luar otak atau sumsum tulang belakang.

Tingkatan Tumor Otak

Tingkatan tumor ditentukan dari seberapa normal atau abnormal sel-selnya. Dokter akan menggunakan pengukuran dibawah ini untuk membantu merencanakan perawatan Anda. Tingkatan ini juga memberikan Anda gambaran mengenai seberapa cepat tumor dapat tumbuh dan menyebar.

  • Kelas 1. Sel terlihat hampulir normal dan tumbuh perlahan-lahan. Pasien mungkin untuk hidup panjang.
  • Kelas 2. Sel-sel terlihat sedikit abnormal dan tumbuh perlahan-lahan. Tumor dapat menyebar ke jaringan sekitarnya dan dapat muncul lagi di masa mendatang, dan mungkin dengan kelas yang lebih mengancam jiwa.
  • Kelas 3. Sel-sel terlihat abnormal dan secara aktif tumbuh ke jaringan otak di sekitarnya. Tumor ini cenderung berulang.
  • Kelas 4. Sel-sel terlihat paling abnormal serta tumbuh dan menyebar dengan cepat.

Beberapa tumor dapat berubah, misal dari tumor jinak berubah jadi ganas, dan tumor tingkat rendah dapat muncul kembali dengan kelas yang lebih tinggi.

Jenis Tumor Otak

Pada orang dewasa, jenis kanker otak yang paling umum antara lain :

  • Astrocytomas. Jenis ini biasanya muncul di bagian terbesar dari otak yaitu otak besar. Tingkatan tumor ini bisa dari kelas 1 sampai kelas 4. Tumor ini sering menyebabkan kejang atau perubahan perilaku.
  • Meningioma. Jenis ini adalah tumor otak primer yang paling umum pada orang dewasa. Tumor ini paling mungkin terjadi pada usia 70-an atau 80-an dan muncul di meninges, yaitu selaput otak. Tumor jenis ini bisa dari kelas 1, 2, atau 3 serta biasanya jinak dan tumbuh lambat.
  • Oligodendrogliomas. Jenis ini muncul di sel-sel yang melindungi saraf. Tumor ini biasanya kelas 1, 2, atau 3. Jenis ini bisasanya tumbuh lambat dan tidak menyebar ke jaringan di sekitarnya.

Bagaimana Perawatan Kanker Otak?

Perawatan yang dilakukan tergantung pada jenis dan kelas dari kanker, di mana letak kanker, ukuran, umur dan kesehatan Anda.

  • Operasi biasanya tindakan perawatan pertama. Untuk tumor kelas 1, tindakan ini mungkin cukup. Ada kemungkinan bahwa semua kanker dapat diangkat. Walaupun tidak bisa diangkat seluruhnya, tindakan operasi dapat mengurangi ukuran tumor dan meredakan gejala.
  • Terapi radiasi digunakan setelah operasi untuk membunuh sel-sel tumor yang tersisa di lokasi tumor. Jika operasi tidka bisa dilakukan, maka Anda mungkin harus terapi radiasi saja.
  • Kemoterapi kadang-kadang digunakan untuk membunuh sel-sel kanker otak. Tindakan ini diberikan melalui mulut, IV, atau, yang lebih jarang wafer yang dokter bedah tempatkan di otak.
  • Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan terapi gabungan.

Jika Anda memiliki kanker, sangat penting untuk mengikuti rencana perawatan Anda, kerjasama dengan dokter Anda, dan melakukan pemeriksaan secara rutin.