Ini yang Harus Dikonsumsi untuk Mengobati Kanker Prostat

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Ekskresi > Ini yang Harus Dikonsumsi untuk Mengobati Kanker Prostat

Menurut studi terbaru, kunyit, apel, dan anggur merah punya manfaat besar untuk mencegah dan mengobati kanker prostat. Senyawa dalam buah dan rempah itu mampu mematikan sel kanker prostat.

Seperti yang dikutip dari medicalnewstoday, Sabtu (22/07/2017), Stefano Tiziani dan timnya dari Department of Nutritional Sciences and the Dell Pediatric Research Institute dari University of Texas melakukan penelitian dengan menggunakan teknik skrining untuk menguji 142 senyawa alami dengan tujuan untuk menemukan senyawa yang benar-benar efektif untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker prostat. Hasilnya ditemukan 3 senyawa berikut ini sebagai senyawa yang paling efektif mematikan sel kanker prostat:

  1. Curcumin yang merupakan komponen pembentuk warna kuning pada kunyit.
  2. Ursolic Acid pada kulit apel.
  3. Resveratrol pada anggur merah dan buah beri.

Ketiga senyawa itu diuji pada tikus yang mengalami kanker prostat. Hasilnya setelah dikombinasikan dengan asam folat, senyawa-senyawa di atas mampu mencegah sel kanker untuk menyerap glutamin sehingga sel kanker tersebut tidak dapat berkembang. Glutamin sendiri merupakan asam amino yang diperlukan oleh sel kanker prostat untuk tumbuh. Mencegah glutamin untuk dimakan atau diserap oleh sel kanker menyebabkan sel kanker itu mati. Karena asam folat, curcumin, dan resveratrol merupakan senyawa alami, maka tidak akan memberi efek negatif pada tikus.

Stefano Tiziani mengatakan bahwa senyawa alami untuk mengobati kanker prostat sudah ditemukan. Yang diperlukan adalah menentukan kadar konsentrasi yang tepat agar sel kanker prostat bisa benar-benar mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *