Hindarilah 5 Jenis Makanan Ini Ketika Sedang Diare

FARMASI-ID.COM > Penyakit | Farmasi-id.com > Info > Hindarilah 5 Jenis Makanan Ini Ketika Sedang Diare

By | 15/02/2015
Diare sering terjadi ketika kita salah mengonsumsi makanan. Dan bisa juga pengaruh dari kebersihan makanan yang dapat mempengaruhi kerja organ pencernaan sehingga pencernaan dapat terganggu dan mengakibatkan diare.
Ketika Anda terkena diare perbanyaklah minum air putih, selain itu Anda juga harus menghindari makanan tertentu guna mencegah diare yang bertambah parah. Seperti yang dilansir Everyday Health berikut beberapa makanan yang harus dihindari saat terkena diare.

1. Makanan berlemak
Saat diare hindarilah makanan cepat saji, karena mengandung lemak yang tinggi. Makanan yang digoreng dan bersaus juga harus dihindari karena dapat membuat diare semakin memburuk.

2. Susu, es krim, dan keju
Hindarilah meminum susu, memakan es krim dan keju karena dengan menghindari makanan tersebut dapat membantu kondisi perut menjadi stabil. Tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk yoghurt. Yoghurt memiliki bakteri baik untuk kesehatan usus yang dapat mempercepat diare selesai.

3. Minumal alkohol dan kafein
Alkohol dan kafein mengandung bahan yang dapat membuat tubuh kehilangan cairan. Agar dehidrasi tidak semakin parah saat diare hindarilah kedua minuman tersebut.

4. Minuman bersoda
Minuman yang bersoda dan minuman manis lain dapat menimbulkan efek pencahar pada sistem pencernaan. Hindari mengonsumsi minuman yang manis-manis karena minuman manis membuat Anda lebih rajin ke kamar mandi saat diare.

5. Makanan yang menyebabkan gas berlebih
Hindarilah makanan yang dapat menyebabkan gas pada usus saat diare, seperti kubis, kacang-kacangan, brokoli dan bunga kol.

Jika diare Anda sudah membaik dan Anda tidak merasa mulas lagi, semua makanan diatas dapat dikonsumsi lagi. Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com