Gejala HISTOPLASMOSIS

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Gejala HISTOPLASMOSIS

Gejala histoplasmosis dapat mulai dari ringan hingga mengancam nyawa. Meskipun bentuk yang paling ringan tidak menyebabkan tAnda atau gejala, masalah serius di seluruh tubuh dan di paru-paru dapat disebabkan oleh infeksi yang parah dari penyakit ini.

Infeksi yang parah dari penyakit ini biasanya terjadi ketika tAnda dan gejala muncul, gejala muncul sekitar 3-17 hari setelah paparan awal.

Gejala ringan hingga sedang:

  • Histoplasmosis primer tanpa gejala
    Bentuk paling umum dari histoplasmosis adalah histoplasmosis primer tanpa gejala, yang tidak menimbulkan tAnda atau gejala pada orang sehat yang terinfeksi. Bekas luka atau benjolan kecil di paru-paru bisa jadi hanya tAnda infeksi. Dalam hal ini, tes radiologis khusus biasanya dapat mengkonfirmasi bahwa benjolan tersebut bukanlah kanker.
  • Histoplasmosis akut dengan gejala paru-paru
    Biasanya, bentuk penyakit ini terjadi pada orang sehat yang memiliki paparan terus-menerus dari H. capsulatum. Reaksi ini dapat terjadi dengan periode singkat. Penyakit serius karena keparahan penyakit tergantung pada jumlah spora jamur yang dihirup.

    Beberapa tAnda dan gejala yang biasa terjadi, antara lain:

Dalam beberapa kasus, beberapa minggu atau bulan setelah infeksi awal, pasien dapat mengalami arthritis atau perikarditis. Perikarditis merupakan peradangan pada kantung yang melingkupi jantung.

Masalah ini bukan tAnda bahwa infeksi telah menyebar di luar paru-paru. Infeksi berkembang karena sistem kekebalan tubuh pasien merespon jamur dalam jumlah yang tidak biasa dengan peradangan.

Di sisi lain, ketika orang menghirup sejumlah besar spora, dapat berkembang menjadi sindrom paru akut. Sindrom paru akut merupakan sindrom yang berpotensi mengancam nyawa karena pasien akan mengalami kesulitan bernapas.

Gejala sedang hingga berat

Histoplasmosis paru kronis

Orang dengan penyakit paru-paru seperti emfisema biasanya dapat berkembang menjadi histoplasmosis. Bila penyakit ini dibiarkan tidak diobati, bisa berkembang menjadi gangguan yang parah pada paru-paru.

Beberapa tAnda-tAnda dan gejala mungkin termasuk:

  1. Berkeringat pada malam hari
  2. Kelelahan
  3. Batuk darah
  4. Demam

Histoplasmosis diseminata

Penyakit ini dapat mempengaruhi hampir semua bagian tubuh, termasuk mata, sumsum tulang, saluran usus, hati, kelenjar adrenal, dan kulit. Penyakit ini biasanya terjadi pada bayi dan orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah. Dalam kebanyakan kasus, histoplasmosis yang tidak diobati dapat menjadi fatal.

Berdasarkan organ yang dipengaruhi, gejala yang dapat terjadi, antara lain:

  1. Meningitis
  2. Anemia
  3. Luka pada mulut, lidah atau saluran usus
  4. Perikarditis
  5. Adrenal insufisiensi
  6. Pneumonia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *