Gejala BEHCET

FARMASI-ID.COM > PENYAKIT | FARMASI-ID.COM > Penyakit > Peredaran darah > Gejala BEHCET

Gejala penyakit Behcet berbeda-beda tiap orang. Penyakit Behcet dapat menghilang dan muncul sendiri. TAnda-tAnda dan gejala yang dialami tergantung pada bagian mana dari tubuh yang dipengaruhi oleh peradangan penyakit ini.

Daerah tubuh yang umumnya terkena penyakit Behcet antar lain:

  1. Mulut
    Sariawan yang menyakitkan adalah tAnda yang paling umum dari penyakit Behcet ini. Luka sariawan biasanya sembuh dalam tujuh sampai 21 hari meskipun nanti muncul kembali.
  2. Kulit
    Masalah kulit dapat bervariasi. Beberapa orang memiliki jerawat seperti luka pada tubuh. Yang lainnya dapat berupa bintil-bintil merah yang lembut pada kulit, terutama pada kaki bagian bawah.
  3. Alat kelamin
    Luka di alat kelamin biasanya terjadi pada skrotum atau vulva. Luka genital biasanya menyakitkan dan dapat meninggalkan bekas luka.
  4. Mata
    Penyakit Behcet dapat menyebabkan peradangan mata yang disebut uveitis. Uveitis menyebabkan satu atau kedua mata merah, nyeri dan penglihatan kabur. Gangguannya bisa datang dan pergi. Peradangan yang terjadi pada pembuluh darah retina merupakan komplikasi serius dari gangguan tersebut.
  5. Sendi
    Pembengkakan dan nyeri sendi pada lutut. Pergelangan kaki, siku atau pergelangan tangan juga mungkin terkena. TAnda dan gejala dapat berlangsung satu sampai tiga minggu dan hilang dengan sendirinya.
  6. Sistem peredaran darah
    Peradangan pada pembuluh darah dan arteri besar menyebabkan pembengkakan, kemerahan, nyeri dan pada lengan atau kaki. Peradangan pada arteri besar dapat mengakibatkan komplikasi, seperti aneurisma dan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah.
  7. Sistem pencernaan
    Penyakit Behcet dapat menyebabkan berbagai tAnda dan gejala yang mempengaruhi sistem pencernaan, termasuk sakit perut, diare atau perdarahan.
  8. Otak
    Penyakit Behcet dapat menyebabkan peradangan di otak dan sistem saraf yang mengarah ke sakit kepala, demam, gangguan atau stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *